Penerapan ARC dan ARD untuk Membuat Rancangan Layout Fasilitas pada Pabrik Kerupuk Menggunakan BLOCPLAN Di CV Arto Moro

Abdul Rozak, Agung Dwi K, Giri Setyo Raharjo, Novrie Agung

Abstract


Permasalahan yang terjadi pada CV.Arto Moro adalah tata letak fasilitasnya belum tertata secara optimal. Tidak adanya Plan Layout dari perusahaan sehingga mengakibatkan penempatan tata letak fasilitas tidak tertata secara optimal. Ditemukan Langkah baik yang menyebabkan jarak tempuh menjadi jauh serta, peletakan tata letak fasilitas yang tidak sesuai dengan hubungan antar stasiun kerja menyebabkan karyawan tidak nyaman dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk Perbaikan tata letak fasilitas untuk mengurangi jarak perpindahan material pada Pabrik Kerupuk CV.Arto Moro dengan menggunakan metode Activity Relationship Chart (ARC), Activity Relationship Diagram (ARD) serta disimulasikan dengan software BLOCPLAN untuk menganalisis usulan tata letak fasilitas. Setelah dilakukan perhitungan, maka layout usulan perbaikan area produksi kerupuk CV. Arto Moro. Layout ini dipilih atas dasar nilai keseluruhan yang menduduki peringka tertinggi, dengan rincian peringkat kedua pada nilai ADJ-Score yaitu 0.63, peringkat pertama pada dua sub poin nilai REL-Distance yaitu 0.68 dengan total jarak sebesar 80 m, serta tata letak yang sesuai dengan aliran proses produksi.

Full Text:

PDF

References


. Triyono, C. Nandar, I. Hery, “Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Perkantoran di PT. BPR Mitra Arta Mulia Bengkalis Riau”, Jurnal Teknik Industri, vol. 2, no. 02, pp. 165-175, Des. 2014.

. F. Muhammad, A. P. Muhammad, “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Perusahaan Sandal Hotel dengan Metode ARC untuk mengurangi Waste”, Jurnal Teknologi, vol. 12, no. 02, pp. 115-122, Jun. 2018.

. L. Mirna, “Pengalokasian Produk Pada Ruang Rak Displai Gerai Minimarket Menggunakan Multilevel Association Rules”, Jurnal Of Industrial Engineering & Management Systems, vol. 6, no. 1, pp. 1-12, Feb. 2013.

. M. James, Dkk, “Plant layout and material handling (terjemahan)”, ITB, Bandung, 1977.

. Wignjosoebroto, dkk, “Tata Letak Dan Pemindahan Bahan Edisi Ketiga”, Gunawidya, Surabaya, 2000.

. Hadiguna, dkk, “Tata Letak Pabrik, ANDI OFFSET”, Yogyakarta, 2008.

. Haming, Dkk, “Manajemen Produksi Modern: Operasi

Manufaktur dan Jasa (Edisi Kedua)”, PT. Bumi Aksara: Jakarta, 2011.

. Heizer, dkk, “Manajemen Operasi Buku 1 Edisi 9”, Salemba 4: Jakarta, 2009.

. S. M. Renata, Dkk, “Perancangan Ulang Tataletak Fasilitas Produksi dengan Menerapkan Algoritma BLOCPLAN dan Algoritma CORELAP pada PT.XYZ”, e-Jurnal Teknik Industri, vol. 1, no. 1, pp 35-44, Jan. 2013.

. R. R. Mohammad, “Analisa Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Metode ARC,ARD, dan AAD di PT.XYZ”, Jurnal Teknik WAKTU, vol. 16, no. 1, pp 82-95, Jan. 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.