Usulan Tata Letak Perbaikan Gudang Di Toko A Gilang Dengan Menggunakan Metode Shared Storage

Arma Eka Ramadhany, Haudy Yoga Kelana Sembada

Abstract


Toko A Gilang adalah toko kelontongan yang berada di jl.Batu Ampar 1, toko tersebut menjual barang-barang pokok rumah tangga seperti pada umum nya. Permasalahan yang di alami oleh toko A Gilang yaitu terletak pada bagian gudang, dimana di dalam gudang tersebut tata letak penempatan barang-barang nya tidak berurutan penempatan barang hanya berdasarkan tempat yang kosong. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan kapasitas Gudang dan memperbaiki tata letak Gudang, dengan menggunakan metode shared storage. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu dimana pada bagian produk kopi dengan jumlah rata-rata 11 box perbulan, dan pada bagian minuman rasa orange dengan jumlah rata-rata 13 box perbulan. Terjadi perubahan luas layout dari 29235 cm menjadi 29010 cm, membuat peningkatan efektifitas pada proses material handling

Full Text:

PDF

References


. owersox, Donald J. 1978. Manajemen Logistik: Integrasi Sistem-Sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Material (terjemahan Drs. A. Hasymi Ali). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

. Muhammad Zainuri ”Evaluasi Perancangan Tata Letak Gudang Menggunakan Metode Shared Storage Di Pt International Premium Pratama Surabaya” Vol XV No 2 Maret 2015.

. Richard L. Francis, Leon F. McGinnis, Jr., and John A. White, Facility Layout and Location: An Analytical Approach, 1992, Prentice Hall, NJ.

. Antoni, Y., 2012, Analisis Perbaikan Tata Letak Fasilitas Gudang Bahan Baku Dan Barang Jadi Dengan Menggunakan Metode Shared Storage Di PT. Bitratex Industries Semarang. Semarang.

. Apple, J., 1990, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan Penerjemah; Nurhayati Mardiono. Bandung;Penerbit ITB.

. Arwani, A., 2009, Warehouse Check UP, Edisi1.Penerbit PPM, Jakarta.

. Sitompul, S.R., 2009, Perencanaan Tata Letak Gudang Produk jadi dengan Metode Storage/Reiterval Pada PT. Charoen Pokphan Indonesia. Program Pendidikan Ekstensi Departemen Teknik Industri. Universitas Sumatra Utara, Medan.

. Kurniawan, V, 2014, Perbaikan Tata Letak Gudang Pada PR. Sukun Sigaret Menggunakan Metode Shared Storage, Tugas Akhir, Fakultas Teknik Industri, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

. Punomo, H, 2004. Perencanaan dan Perancangan Fasilitas, Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

. Setiawan, A, 2012., Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Produk Setengah Jadi dengan Metode Shared Storage, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.