Penerapan Metode Just In Time Untuk Efisiensi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada Home Industry Winonamodest Cakung Jakarta Timur

Ryska Indah Apriyanti, Fajar Agung Laksono, Rizki Dharmawan

Abstract


Pengelolaan persediaan merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan. Proses pengelolaan persediaan yang baik dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat menghasilkan kondisi yang efisien. Winonamodest adalah home industry yang bergerak di bidang fashion muslim yaitu turban. Untuk mengefiisiensikan pengendaladian persedian bahan baku diterapkan metode Just in Time (JIT). Just in Time (JIT) bertujuan untuk mengeliminasi hal–hal yang tidak berguna (waste) dalam proses manufaktur, mulai dari pembelian sampai dengan distribusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode Just in Time (JIT) dapat mengefisiensikan pengendalian bahan baku atau tidak. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari observasi dan data sekunder didapat dari jurnal penelitian terdahulu, buku dan arsip data. Hasil dari penelitian ini yaitu, nilai kuantitas pemesanan sebesar 1362,55m. Total persedian tahunan Rp 2.452.598,62. Jumlah pengeriman optimal sebanyak 4 kali. Nilai kuantitas pesanan untuk sekali pesan 2725,1m. Kuantitas pengiriman optimal adalah 681,275m. Frekuensi pembelian adalah sebanyak 1 kali dan total persediaan minimum adalah Rp 2.452.598,62 lebih efisien dari Rp 5.166.375. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Just in Time (JIT) mengefisiensikan pengendalian persedian bahan baku.


Full Text:

PDF

References


Sri Anafarhanah. “Tren Busana Muslimah Dalam Perspektif Bisnis Dan Dakwah.” Jurnal Ilmu Dakwah, 2019. Vol.18(1)

Aslamiyah, Suaibatul, Mintarti Rahayu, dan Achmad Helmy Djawahir. "Peranan Perubahan Budaya Berjilbab Dalam Implementasi Strategi Dan Efeknya Terhadap Kinerja Bisnis Pada Usaha Kecil Jilbab." Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. 2018. Vol.6(1).

Wahyuningsih, Nining. "Efektivitas Pemasaran Hijabstory Cabang Cirebon." MAKSI. 2016. Vol3(2).

Sumanto dan Lita Sari Marita. "Penerapan Sistem Just In Time Persediaan di Produksi Studi Kasus: PT. Nitto Materials Indonesia." JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 2017. Vol2(3).

Kusumawati, Ratna. "Studi just in time untuk meningkatkan kinerja Produktivitas perusahaan." AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2009. Vol.4(8).

Dania, Wike Agustin Prima, Usman Effendi, dan Firdha Anggasta. "Aplikasi Just-In-Time pada Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Kentang (Studi kasus di Perusahaan Agronas Gizi Food Batu)." Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 2012. Vol.1(1).

Brigita Meylianti S. Dan Fernando Mulia. “Pengaruh Penerapan Jit (Just In Time) Dan Tqm (Total Quality Management) Terhadap Delivery Performance Pada Industri Otomotif Di Indonesia.” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 2009. Vol.2(2)

Rosita, Rizka, Muhammad Hufron, dan Muhammad Khoirul ABS. "Penerapan Metode Just In Time (JIT) Untuk Meningkatkan Efisiensi Persedian Bahan Baku Pada Home Industry “Mulya Collection” Jombang." Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. 2018. Vol.7(02).

Wirabhuana, Arya, dkk. 2007. Bahan Ajar Sistem Produksi Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Anwar, Chairul, and Asep Endih Nurhidayat. "Perancangan Just In Time Di Proses Produksi Dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Komponen Otomotif Pada PT Chuhatsu Indonesia." Jurnal Rekayasa Industri (JRI). 2020. Vol.2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.