Implementasi Sistem Antrian Di SPBU Pertamina Sape 54-841.05 Bima Nusa Tenggara Barat

Dwi Nurnita Sari, Suryani Rahayu Setianingsih, Sonia Ita Bella

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan rata-rata waktu tunggu yang diharapkan pelanggan baik dalam system maupun dalam antrian. Serta seberapa persen intensitas operator dalam melakukan pekerjaannya. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui seberapa optimal system antrian yang sudah diterapkan dalam pelayanan pengisian bahan bakar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis teori antrian dan dianalisis sebagai model single channel-single phase. Penelitian ini membahas antrian yang terdapat pada pom bensin yang terletak di SPBU Pertamina Sape 54-841.05 Bima Nusa Tenggara Barat. Pom bensin tersebut terkategori memiliki antrian yang panjang dan ramai. Pada jam kerja ataupun di jam pulang kerja terjadi antrian yang sangat panjang dalam pengisisan bensin sehingga terjadinya keterlambatan waktu bagi konsumen yang hendak melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan mereka. Selain itu pom bensin ini merupakan salah satunya SPBU yang terletak di Kecamatan Sape. Berdasarkan hasil perhitungan SPBU Pertamina Sape 54-841.05 Bima Nusa Tenggara Barat. Sehingga diperoleh waktu rata-rata kendaraan menunggu dalam sistem selama 0,125 jam atau 12,9 menit . Sedangkan waktu rata-rata kendaraan menunggu dalam antrian selama 0,203 jam atau 12,2 menit. Didaptkan pula tingkat intensitas operator pengisian bahan bakar setiap 1 jam nya yaitu 90%, sedangkan 10 % sisa waktunya digunakan untuk istirahat. Dilihat dari ata yang diperoleh maka perlu lagi ada penambahan operator, sehingga operator dapat bekerja

Full Text:

PDF

References


. Hanggara Dwi Fuad.dkk (2020). Analisis system antrian pelanggan SPBU dengan pendekatan simulasi arena. Jurnal INTECH 6(2), 155-162.

. Sudarwadi Dirarini. (2020). Analisis anrian pada stasiun pengisian bahan bakar umum studi kasus pada pengisian solar di (SPBU) 84-983-02 jalan esau kabupaten manokwari. Jurnal Maneksi 9(2), 454-461.

. Ratnasari sintya dkk. (2018). Pemodelan dan suimulasi system antrian pelayanan konsumen gerai MCD Solo grand mall dengan arena., 1-9.

. Permatasari Etika dkk. (2020). Analisis sistem antrian multiphase pada fasilitas pelayanan masyarakat bidang pendaftaran penduduk di dinas kependudukan dan pencacatan sipil kabupaten madiun. Jurnal Statistika industry dan komputasi 5(1), 41-53.

. Tannady hendy. (2020). Analisis perbaikan terhadap antrian pada pom bensin rawalumbu. Jurnal ilmu teknik industri 8(2), 148-152.

. Devani Vera dkk. (2020). Simulasi antrian Loket imigrasi penumpang kapal laut. Jurnal SNTIKI, 493-501.

. Manalu careca dkk. (2019). Analisis system antrian sepeda motor pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) 74.951.02 malalayang. Jurnal EMBA 7(1), 551-560.

. Rahman adi dkk. (2020). Analisis model dan karakteristik antrian pelanggan pada toko minuman dijakarta timur. Jurnal Silogisme 5(2), 54-61.

. Findari setia widya dkk. (2019). Optimasi system antrian pada layanan kesehatan masyarakat menggunakan pendekatan simulasi. Jurnal manajemen industry dan logistik 3(1), 14-22.

. Prawiro K.S dkk. (2020). Analisis antrian sepeda motor pada SPBU tanah merdeka menggunakan simulasi promodel. 1(2), 28-31.

. Cornellia riri. (2018). Analisis antrian pada loket pembuatan elektronik ktp dengan menggunakan simulasi pemodelan. Jurnal String 3(2), 119-129.

. P haryanti sri dkk. (2020). Penggunaan saringan keramik type clypot dalam upaya penyediaan air bersih di kawasan pesisir kuwaru,srandakan,kabupaten bantul. 20(1), 40-51.

. Ramadhan dian jaka dkk. (2017). Simulasi system antrian dengan metode multiple channel single phase. 2(1), 117-124.

. Taroreh T Claudia dkk. (2020). Analisis system antrian pada bpjs kesehatan manado. Jurnal EMBA 8(4), 168-178.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.