Aplikasi Metode Reba Pada Pekerja Bengkel Otomotif

Bernica Filza, Imam Adibil Muhtar, Adam Fajri Subagja, Koren Prayogo, Dhompi Roger, Andika Putra Pratama, Akbar Aji Pangestu

Abstract


Di tempat kerja, banyak faktor kerja manusia mengandung potensi bahaya yang tinggi sehingga diperlukan suatu upaya pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat postur kerja yang tidak sesuai. Postur kerja yang tidak baik (beresiko cedera) dapat menimbulkan cedera pada otot, tulang, anggota tubuh, bahkan mungkin tubuh secara keseluruhan. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah seorang pekerja otomotif yang sedang melakukan aktivitas mengganti oli atau pelumas pada mesin sepeda motor, Menurut tabel penentuan skor dan resiko yang sudah dihitung, maka aktivitas yang dilakukan pekerja tersebut adalah aktivitas dengan resiko cedera yang bisa dibilang sedang dan memerlukan sedikit tindakan perbaikan untuk meminimalkan resiko cedera. Kami melakukan penilaian ulang dengan metode sama dan dengan gambar yang berbeda, maka aktivitas yang dilakukan pekerja adalah aktivitas dengan level resiko yang bisa diabaikan atau dengan skor sebesar 1. Skor ini didapat dari total penilaian tabel A yaitu sebesar 2, dan juga total penilaian tabel B yaitu 1. Terdapat penurunan skor sebesar 2, dengan kata lain bahwa alat yang digunakan adalah alat yang efektif untuk menurunkan resiko cedera pekerja.

Full Text:

PDF

References


Fatimah Reza, dkk, “Analisis Postur Kerja pada Stasiun Pemanenan Tebu dengan Metode OWAS dan REBA, Studi Kasus di PG Kebon Agung, Malang,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. Volume 5 Nomor 1: 39-45.

Rinawati Seviana, Romadona, “ANALISIS RISIKO POSTUR KERJA PADA PEKERJA DI BAGIAN PEMILAHAN DAN PENIMBANGAN LINEN KOTOR RS. X,” Journal of Industrial

Hygiene and Occupational Health (Vol. 1, No. 1, Oktober 2016)

Yuliarti. P, Stefany.A, “ANALISIS TINGKAT RISIKO ERGONOMI PADA POIN KERJA CHASSIS AND TIRE DENGAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DI DEPARTEMEN ASSEMBLY FRAME PT. X (INDUSTRI PERAKITAN MOBIL)” Jurnal UMJ.

M. Ihsan Hamdy, Syamzalisman, “Analisa Postur Kerja dan Perancangan Fasilitas Penjemuran Kerupuk yang Ergonomis Menggunakan Metode Analisis Rapid Entire Body Assessmet (Reba) dan Antropometri,” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 16, No. 1, Desember 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.