Analisis Postur Kerja Dengan Metode Rula Pada Operator Las Di Bengkel Las Sumber Jaya Bekasi, Jawa Barat

Nurul Pajri Ahmad, Rahman Hidayat, Rola Hamdani

Abstract


Penelitian yang di lakukan di Bengkel Las Sumber Jaya Bekasi. Dengan tujuan untuk mendapatkan nilai postur operator dan memberikan rekomendasi perbaikan sistem kerja pada pembuatan terlais atau pagar rumah. Yang kemudian akan diketahui apakah aktifitas yang dilakukan oleh si operator menimbulkan resiko cedera atau berada dalam batasan aman. Untuk mengetahui data tersebut, dalam penelitian ini menggunakan metode RULA (Rapid Upper Limb Assessment). Metode RULA digunakan untuk untuk melakukan perhitungan dan analisis terhadap postur tubuh manusia bagian atas. Hasil penelitian mendapatkan bahwa ada enam kegiatan yang dilakukan operator dalam membuat teralis. Hasil analisis pada operator menunjukan pada kegiatan mengelas raw material bahwa berdasarkan analisis dengan menggunakan metode RULA, didapat skor RULA yaitu 6. Skor tersebut menandakan bahwa pada proses pengelasan raw material mempunyai level resiko yang medium resiko namun dengan tindakan investigasi lebih lanjut, dengan segera melakukan perubahan agar meningkatkan motivasi dalam bekerja sekaligus meningkatkan produktivitas dari aktifitas pekerjaan dalam proses pengelasan. Disarankan untuk memberikan fasilitas kerja atau rancangan alat yang mendukung dalam proses pengelasan berlangsung.

Full Text:

PDF

References


Wijaya A. S. I., Muhsin A. 2018. Analisa Postur Kerja dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) Pada Operator Mesin Extruder di Stasiun Kerja Extruding Pada PT. XYZ. Jurnal OPSI. Vol(11)1. ISSN : 1693-2102.

Yuliarty Popy, Wibowo Andri. 2019. Tingkat Risiko Pekerja Pada Mesin Piercing Tube dengan Menggunakan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA) di Departemen Press Shop PT. X. Jurnal Teknik Industri IT N Malang. ISSN: 2615-3866.

Chanty Ellaury. 2019. Analisis Fasilitas Kerja dengan Pendekatan Ergonomi REBA dan RULA di Perusahaan CV. Anugerah Jaya. Journal Of Industrial And Systems Optimization. Vol. 2(2). ISSN : 2622-8971.

Wahyuniardi Rizki, Reyhanandar M. D. 2018. Penilaian Postur Operator dan Perbaikan Sistem Kerja dengan Metode RULA & REBA (Studi Kasus). Jurnal Teknik Industri. Vol. 13(1).

Dzikrillah Nurul, Yuliana S. N. E. 2015. Analisis Postur Kerja Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) Studi Kasus PT. Forge Indonesia.

Hutabarat Yulianus. 2017. Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi. Malang : Media Nusa Creative.

Purwaningsih Ratna. 2007. Buku Ajar. Semarang : Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.