Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kemacetan Berdasarkan System Thinking

Luthfan Esa Ramadhan, M. Alif Saputra, Rangga Yanuardi

Abstract


Perkembangan dunia industri transportasi sangat pesat, didukung dengan perkembangan penduduk yang sangat padat dan juga kebutuhan paling mendasar dalam kehidupan sehari-hari, membuat suatu masalah yang ditimbulkan yaitu kemacetan. Banyak upaya pemerintah dalam mengatasi hal ini dengan cara yang bijak, namun masih kurang efektif dan juga banyak masyarakat yang melanggar. Oleh karena itu dalam pembahasan ini menggunakan System Thinking dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kemacetan yang ada. System Thinking adalah suatu proses untuk memahami bagaimana satu individu dapat mempengaruhi individu lain atau komunitas tempat dia berada. System Thinking dapat digunakan sebagai pendekatan untuk memahami suatu permasalahan, dengan melihat “masalah” sebagai bagian dari sistem keseluruhan, bukan sebagai bagian terpisah yang tidak terkait dengan elemen-elemen yang lain di sekelilingnya. Hasil dari analisis menyatakan masyarakat yang awalnya enggan untuk menggunakan kendaraan umum, akan terdorong menjadi menggunakannya, berfikir dua kali dalam membeli berlebih kendaraan pribadi, berfikir lebih bijak dalam berkendara, parkir sesuai dengan tempat yang telah ditentukan, pengadaan kaki lima di tempat yang semestinya, dan berkendara pun nyaman dengan jalan yang baik.


Full Text:

PDF

References


Fadhillah Rugaiyah, Nurhattati F, dan Putry J, “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Berdasarkan System Thingking”, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol.7 No 1, 2019.

Ricky A, “Pendekatan System Thinking dalam Kepemimpinan Transformasional”, Vol. III No. 2, 2016.

Endang W, “Sistem Thinking dan Sistem Dynamics Sebagai Suatu Pendekatan dalam Pengukuran Kinerja Pelayanan”

Fajar K,”Implementasi Model Simulasi Sistem Dinamis terhadap Analisis Kemacetan Lalu Lintas Dikawasan Pintu Masuk Pelabuhan Tanjung Priok” Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol. 20 No. 1, 2018.

Irna dan Yudha, “Analisis Dampak Rencana Pembangunan Busway Terhadap Kemacetan Lalu Lintas Pada Jalur Utara- Selatan dengan Pendekatan Sistem Dinamik”, Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.