Penerapan Metode Anova untuk Analisis Rata-rata Produksi Donat, Burger, dan Croissant pada Toko Roti Animo Bakery

Andrian Septiadi, Widya Kusuma Ramadhani

Abstract


Uji Anova adalah bentuk khusus dari analisis statistik yang banyak digunakan dalam penelitian eksperimen. metode analisis ini dikembangkan oleh R.A Fisher. Uji Anova juga adalah bentuk uji hipotesis statistik dimana kita mengambil kesimpulan berdasarkan data atau kelompok statistik inferentif. Hipotesis nol dari uji Anova adalah bahwa data adalah simple random dari populasi yang sama sehingga memiliki ekspektasi mean dan varians yang sama. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisis rata-rata produksi selama 15 minggu dengan metode ANOVA. Berdasarkan hasil analisis pengolahan data bahwa pada F-hitung baris sebesar 0,968128 yaitu lebih kecil dari F-tabel baris sebesar(2,06). Sedangkan pada F-hitung kolom 158,8266 ini lebih besar dari f-tabel kolom sebesar(3,34).

Full Text:

PDF

References


E.L. Pertiwi, “Pengaruh kualitas produk kelengkapan produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen toko roti Yulia Bakery Kota Kediri,” vol. 1, hal:1-16. ISSN: BBBB-BBBB, 2017.

E.L. Pertiwi, “Pengaruh kualitas produk kelengkapan produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen toko roti Yulia Bakery Kota Kediri,” vol. 1, hal:1-16. ISSN: BBBB-BBBB, 2017.

E.D. Tambunan, dan M. Fauzi, “Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, dan kepribadian merek terhadap niat pembelian produk j.co donuts & coffe di surabaya,” hal:1-22. 2016.

Firdausni, dan I.T. Anova, “Pemanfaatan Daun Ubi Kayu menjadi Dendeng sebagai Makanan Alternatif Vegetarian Pengganti Protein,” Jurnal Litbang Industri. Vol(5): Hal: 61-69. 2015.

B. Benyamin, A. Subekti, dan S.J. Sukendro, “Konsumsi Minuman Rich Sugar Tea dan Less Sugar Tea terhadap Perubahan PH Saliva,” Jurnal Kesehatan Gigi. Vol(4): Hal: 7-12. ISSN: 2407.0866. 2017.

A.Muhson., “Teknik Analisis Kuantitatif,” Hal:1-7.

R.Tridhawati, Y. Rizal, dan T. Rusman., “ Pengaruh persepsi harga dan kualitas makanan cepat saji terhadap keputusan pembelian.”

A. Yakub, D.W. Karmiadji, dan A.I. Ramadhan., “Optimasi Desain Rangka Sepeda berbahan baku Komposit berbaris Metode Anova,” Jurnal teknologi. Vol(8): Hal:17-22. ISSN: 2085-1669. 2016.

Hardiyanti, Kardiman, dan M. Rais., “ Pengaruh Substitusi Tepung Jagung (zea mays L) dalam Pembuatan Cookies,” Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol(2): Hal: 123-128. 2016

H. Abidin, Y.S. Darmanto, dan Romadhon., “Fortifikasi berbagai Jenis Tepung Cangkang Kerang pada Proses Roti Tawar,” Vol (5): Hal: 28-34. ISSN: 2442-4145. 2016.

I.D.U. Amaly., “Subsitusi tepung ubi jalar ungu dalam pembuatan roti burger untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di kecamatan bringkanaya kota makasar,” 2019.

J.L. Marpaung, A. Sutrisno, dan R. Lumintang., “Penerapan Metode Anova untuk Analisis Sifat Mekanik Komposit Serabut Kelapa,” Jurnal Online Poros Teknik Mesin. Vol(6): Hal: 151-162.

M.A. Nastiti, Y. Hendrawan, dan R. Yulianingsih., “Pengaruh konsentrasi natrium metabisulfit (Na2S2O5) dan suhu pengeringan terhadap karakteristik tepung ampas tahu,” Jurnal bioproses komoditas tropis. Vol.2. Hal:100-106. 2014.

A.S. Hatomo, “ pengaruh kualitas produk dan tingkat kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan tela krezz cabang bekasi.”

C.L. Rosari, dan Dr. Marwati,M.pd., “ profil industri rumah tangga kue tradisional kampung tegal kemuning, danurejan, yogyakarta.”

P.I. Hapsari, E. Purwani, dan R. Rauf., “ Tingkat pengembangan dan daya terima bolu kukus berbahan dasar tepung singkong (Manihot esculenta Crantz) yang disubsitusi tepung daun katuk (Sauropus androgynus),” 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.