Alokasi Tugas Kepanitiaan Karang Taruna Menggunakan Metode Hungarian

Muhammad Galuh Pangestu, Arie Sulistyo Anggara

Abstract


Pada waktu tertentu Karang Taruna RT.001/RW.08 Lenteng Agung sering mengadakan kegiatan-kegiatan sosial yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat seperti contohnya penyelenggaraan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan penyelenggaraan Pesantren Kilat (SanLat) pada bulan suci Ramadhan. Susunan kepanitiaan yang telah terbentuk terdiri dari Humas-humas, seksi-seksi dan anggota-anggota kepanitian. Panitia yang telah terbentuk ini telah siap menyelenggarakan kegiatan yang telah direncanakan. Namun, ada yang tidak efektif dalam pembagian tugas dan tanggung jawab di tiap anggota panitiaanya serta pemanfaataan sarana pendukung seperti dana dan logistik. Optimalisasi pembagian tugas dan sarana pendukung ini masih berbasis intuisi dan kebiasaan. Kemudian, terdapat teknik penugasan metode hungarian yang merupakan salah satu materi dari riset operasi. Pada penelitian ini membahasa mengenai metode penugasan yang direalisasikan untuk mengatasi optimalisasi pembagian tugas-tugas dan tanggung jawab para anggota kepanitiaan di karang taruna RT.001/RW.08 Lenteng Agung. Dengan adanya penerapan metode ini diharapkan mampu melakukan kalkulasi sesuai dengan metode penugasan dan menghasilkan penempatan-penempatan yang efektif beserta keterangan dari setiap penggunaan suatu sumber daya yang tersedia.


Full Text:

PDF

References


G.N.P Suwandira dan R. Indriyani, “Optimasi Biaya Pekerjaan Aspal Hot Mix dengan Model Penugasan pada Proyek Jalan di Bali.” Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, vol. 10, no. 1, pp. 63-88, 2006.

E. Rahmawati dan F. Frans, “Optimalisasi Masalah Penugasan Menggunakan Metode Hungarian,” Buletin Ilmiah Mat. Stat. (Bimaster), vol. 04, no. 3, pp: 363-370, 2015.

M. Paendong, “Optimisasi Pembagian Tugas Karyawan Menggunakan Metode Hungarian,” SamRatulangi Jurnal Sain, vol. 11, no. 1, pp. 230-285, 2011.

E. Danitaya dan Nalsa, C R, “Sistem Alokasi Tugas Kepanitiaan Menggunakan Metode Penugasan,” Jurnal Sistem Informasi (JSI),vol.9, no.2, pp. 134-157, 2017.

N.P Akpan dan U.P Abrahamz, “A Critique of the Hungarian Method of Solving Assignment Problem to the Alternate Method of Assignment Problem,” International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), vol. 29, no. 1, pp.43-56, 2016.

A. Rashid, ”An Alternative Approach for Solving Unbalanced Assignment Problems,” Jahangirnagar University Journal of Science, vol. 40, no.2, pp.45-56, 2017.

S. Singh dan G.C Dubey, “A Comparative Analysis of Assignment Problem,” IOSR Journal of Engineering (IOSRJEN), vol. 2, no.8, pp. 1-15, 2012.

K. Suleiman dan B.M Saidu, “An Optimal Assignment Schedule of Staff-Subject Allocation,” Journal of Mathematical Finance, vol. 7, no. 5, pp. 805-820, 2017.

H.W. Kuhn, “The Hungarian Method for the Assignment Problem,” Naval Research Logistics Quarterly. Vol. 2, no.11, pp. 83-97, 2015.

S. Majundar, “Interval Linear Assignment Problems,” Journal of Applied Mathematics, vol. 1, no. 6, pp. 14-16, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.