Analisis Sistem Pelayanan di Minimarket Menggunakan Model Teori Antrian Single Channel-Single Phase

Alfi Abdilah, Dita Wulan Sari, Agung Tri Santoso, Fachri Raka Herlambang

Abstract


Antrian sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, semua orang pernah menunggu dalam suatu garis tunggu pada sebuah fasilitas pelayanan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atau mencari hipotesis model sistem antrian yang digunakan pada pelayanan minimarket di Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Model sistem antrian pada penelitian ini adalah single channel-single phase. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji suai dengan bantuan software POMQM. Hasil dari analisa sistem pelayanan di minimarket menggunakan model teori antrian single channel-single phase menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata 2,8 dengan hipotesis yang menunjukkan terima H0 dan tolak H1. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pola kedatangan pada sistem pelayanan di minimarket mengikuti pola distribusi poisson.

Full Text:

PDF

References


H.T.Sabrina, R.M.Putra, A.Safi'i, N.Hidayat, M.Ikbal and M.Syauqi, "Analisis Sistem Antrian Guna Mengoptimalisasikan Pelayanan pada Kios Minuman (Food Court)," Teori Antrian, vol. 3, no. 1, pp. 40-44, 2022.

M. H. Ramlawati and S. Imaduddin, Operation Research Teknik Pengambilan Keputusan Optimal, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2017.

M. Ary, "Pendekatakn Teori Antrian Single Channel-Single Phase pada Pelayanan Administrasi," Teori Antrian, vol. 3, no. 1, pp. 1-7, 2018.

E. H.Pellondon, R. P.C.F and A. E.I.N, "Analisis Teori Antrian pada Jalur Sepeda Motor Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) OEBOBO," Teori Antrian, pp. 19-31, 2020.

S. M. Astuti Meflinda and S. M. Mahyarni, Operation Research (Riset Operasi), Pekanbaru: Unri Press, 2011.

H. Oktaviyanty, N. K. Dwidayati and A. Agoestanto, "Optimasi Sistem Antrian pada Pelayanan Servis Sepeda Motor Berdasarkan Model Tingkat Aspirasi Studi Kasus Bengkel Ahass Handayani Motor (1706) Semarang," Teori Antrian, pp. 182-191, 2018.

N. P. Sari, Sugito and B. Warsito, "Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan Teller Bank X Kantor Cabang Pembantu Puri Sentra Niaga," Teori Antrian, vol. 6, no. 1, pp. 81-90, 2016.

R. Listiyani, L. Linawati and L. R. Sasongko, "Analisis Proses Produksi Menggunakan Teori Antrian Secara Analitik dan Simulasi," Teori Antrian, vol. 8, no. 1, pp. 9-18, 2019.

F. Faisal, "Pendekatan Teori Antrian : Kasus Nasabah Bank pada Pukul 08.00-11.00 WIB di Bank BNI 46 Cabang Bengkulu," Teori Antrian, vol. 1, no. 2, pp. 90-97, 2005.

M. Ary, "Analisis Model Sistem Antrian pada Pelayanan Administrasi," Teori Antrian, vol. 13, no. 1, pp. 9-15, 2019.

Maghfirah, Moh.Aris and M. N. Abdi, "Analisis Penerapan Sistem Antrian pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) TBK. Kantor Cabang Pembantu Unit Palangga Kabupaten Gowa," Teori Antrian, vol. 3, no. 2, pp. 31-47, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.