Pemodelan Sistem Antrian Pada Pelayanan Menggunakan Metode First In First Out (FIFO) di Mie Gacoan Depok

Ahla Jawarin Khiesta, Rismaya Iskandar, Ahmad Sidiq

Abstract


Pada saat ini dunia perkulineran telah berkembang cukup pesat. Banyak para pengusaha yang berinovasi untuk mengembangkan usahanya. Seperti pada saat ini banyak sekali kuliner yang bermunculan dengan ciri khas mereka masing-masing. Antusias masyarakat sekitar terhadap kehadiran mie gacoan tersebut mengakibatkan terjadinya antrian yang sangat panjang pada bagian pelayanan kasir.. Untuk mengatasi masalah tersebut, metode First In First Out merupakan metode yang tepat untuk memecahkan masalah yang dialami di Mie Gacoan Depok. Masalah masalah yang ada adalah belum mengetahui tingkat intensitas fasilitas pelanggan, rata rata jumlah pelanggan antrian dalam sistem, rata rata jumlah pelanggan antri dalam antrian, rata rata waktu yang dihabiskan seorang pelanggan dalam sistem, dan rata rata waktu yang dihabiskan seorang pelanggan dalam antrian. Penelitian bertujuan untuk untuk menerapkan sistem antrian dan mengurangi waktu tunggu di Mie Gacoan Depok secara akurat dan juga untuk mengetahui penggunaan metode First In First Out pada kendala apa saja yang dialami oleh perusahaan. Berdasarkan data yang diketahui, ditemukan hasil waktu antrian dari waktu antri dengan menunggu dalam sistem yaitu 1 menit.

Full Text:

PDF

References


Bahar. M. S, Mananohas M. L, Montalalu C. E, Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Aliran Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM Resort Kepolisian Manado Jurnal Matematika dan Aplikasi, p. 15 - 21, Maret 2018. [Online] . Available : .https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrO8Vh5rpFkhfwCv99XNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1687297785/RO=10/RU=http%3a%2f%2fdownload.garuda.kemdikbud.go.id%2farticle.php%3farticle%3d1380935%26val%3d1012%26title%3dModel%2520Sistem%2520Antrian%2520dengan%2520Menggunakan%2520Pola%2520Kedatangan%2520dan%2520Pola%2520Pelayanan%2520Pemohon%2520SIM%2520di%2520Satuan%2520Penyelenggaraan%2520Adminstrasi%2520SIM%2520Resort%2520Kepolisian%2520Manado/RK=2/RS=bICYCW9fAuBOLB95zsEVjoZs1x0-. [Accesed June, 8. 2023]

Kusuma. D, Anggarini. D, dan Alfaiz. F, Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pusat Kesehatan Masyarakat di Salah Satu Kabupaten Sleman Menggunakan Software FLEXSIM Prosding IENACO, p.324 - 330, Maret 2020. [Online] . Available: https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr93jCcr5FkofwDDM9XNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1687298076/RO=10/RU=https%3a%2f%2fproceedings.ums.ac.id%2findex.php%2fienaco%2farticle%2fview%2f2501/RK=2/RS=83N2XnJRqvHzE1KNiP3CbGHekKw- . [Accesed June, 8. 2023]

Mahessya. R. A, Leni M dan Riri S, Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Monte Carlo pada PT. Pos Indonesia Jurnal Ilmu Komputer, p. 15 - 24, 2017. [Online] . Available : https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr.xTRysJFktlQE9uJXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1687298290/RO=10/RU=https%3a%2f%2fwww.neliti.com%2fpublications%2f275681%2fpemodelan-dan-simulasi-sistem-antrian-pelayanan-pelanggan-menggunakan-metodemon/RK=2/RS=E87KnXrut9xyPixHysu8J4YewVA-- . [Accesed June, 8. 2023]

Ratnasari. S, Rahardian N, dan Liquidannu E, Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Konsumen Gerai Mcd Solo Grand Mall dengan Arena Seminar dan Konferensi Nasional , p. 1 - 9, Agustus 2018. [Online] . Available : https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrOp7DqsZFkiRAEaNZXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1687298667/RO=10/RU=https%3a%2f%2fwww.neliti.com%2fpublications%2f275681%2fpemodelan-dan-simulasi-sistem-antrian-pelayanan-pelanggan-menggunakan-metode-mon/RK=2/RS=T0oF95oS2sCKzhwZD2DcHi_O0yo. [Accesed June, 8. 2023]

Saputra. R. A, Parjito, dan Wantoro. A Implementasi Metode Jeckson Network Queue pada Pemodelan Sistem Antrian Booking Pelayanan Car Wash (Studi Kasus : Autoshine Car Wash Lampung) Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, p. 80 86, 2021. [Online], Available: https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrjaZLMspFkEYYEds9XNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1687298893/RO=10/RU=http%3a%2f%2fjim.teknokrat.ac.id%2findex.php%2fsisteminformasi%2farticle%2fdownload%2f433%2f214/RK=2/RS=Kkkm_BEhcWvDtF5vuLQzLX1jzcw- [Accesed June, 8. 2023]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.