PENGGUNAAN AFIKSASI PADA NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA HAMKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

inka rizqie yanti

Abstract


A.Inka Rizqieyanti, NPM : 201912500039 B.Penggunaan Afiksasi Pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi : Jakarta : Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia : Universitas Indraprasta, Guru Republik Indonesia, Agustus, 2023. C.IX + 5 Bab + 224 Halaman + 2 Tabel + 2 Diagram + Lampiran D.         Kata Kunci : Afiksasi Prefiks dan Sufiks Pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan afiksasi prefiks dan sufiks pada novel. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek yang diteliti adalah karya sastra yang berbentuk novel. Data penelitian ini berupa kalimat dalam percakapan dialog pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka yang ditranskip dalam bentuk tulisan yang mengandung afiksasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif mencatat dan menguraikan data dalam bentuk – bentuk kata – kata.  Berdasarkan pada penelitian pada hasil transkrip Novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck Karya Hamka ditemukan sebanyak 113 temuan. Penggunaan afiksasi prefiks ditemukan sebanyak 63 temuan dengan presentase 55,75%. Peneliti juga menemukan afiksasi sufiks sebanyak 50 temuan dengan presentase 44,24%. Dilihat dari presentase jumlah penggunaan afiksasi, dapat disimpulkan bahwa afiksasi prefiks pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka banyak ditemukan penggunaan kata seperti me-, ber-, ter-, di-, se-. Di bandingkan dengan afiksasi sufiks an-, kan-, i-, nya-. Karena penulis Hamka lebih banyak membentuk kata kerja, baik kerja transitif maupun intransitif dari pada berfungsi sebagai penentu. F.Daftar pustaka : 9 buku, 2 jurnal. G.Pembimbing : Yulia Agustin, M.Pd(Pembimbing Materi. Friza Youlinda Parwis, S.Pd, M.Pd  (Pembimbing Teknik).

Full Text:

PDF

References


Apriyanti. (2016). Analisis Afiksasi pada Novel Katresnan Karya Soeratman Sastradiharja. Skripsi S1 Universitas Widya Dharma Klaten.

Arifin, E., & Matanggui, J. (2015). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Arifin, E., & Tasai, S. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Chaer, A. (2006). Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, L. (2002). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Gantramiteka, S. (2016). Kesalahan Berbahasa Penggunaan EYD. Solo: Genta Smart Publisher.

Hadi, S. (2001). Statistik Jilid I. Yogyakarta: Gajah Mada Pres.

Husnina, K. (2019). Afiksasi Nomina Pelaku dalam Buku Kumpulan Esai Kompas. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS).

Moloeng, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, M. (2017). Analisis Afiksasi dalam Album Raya Lagu Iwan Fals. Skripsi S1 Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjaweni, & V. Winarta. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Tarigan, H. (2008). Menulis, Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Wendra, I. (2019). Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i2.9391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.