Penggunaan Bahasa Tidak Baku pada Teks Eksplanasi Siswa kelas VIII SMPN 208 Jakarta

Ahmad Wildan, Chadis Chadis

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untukmengetahui penggunaan bahasa tidak baku pada teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 208 Jakarta.Kualitatif adalah metode yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang menganalisispenggunaan bahasa tidak baku pada teks eksplanasi. Peneliti mendapatkan bahwa penggunaan bahasa tidak baku pada teks eksplanasi siswa kelas VIII sejumlah 34 temuan. Penggunaan bahasa tidak bakuyang penulisannya tidak sesuai dengan KBBI sebanyak 7 (21%) temuan, dipengaruhi bahasa daerah sebanyak 8 (25%) temuan, penggunaan ragam bahasa percakapan sebanyak 3 (9%) temuan, penggunaan imbuhan tidak eksplisit sebanyak 3 (9%) temuan, pemakaian kata tidak sesuai dengan konteks kalimat sebanyak 2 (6%) temuan, penulisan yang mengandung arti pleonasme sebanyak 5 (15%) temuan, dan penggunaan kata yang mengandung artihiperkorek sebanyak 6 (18%) temuan. Peneliti menyimpulkan bahwa siswa SMPN 208 Jakartadalam menulis teks eksplanasi lebih dominan pada penulisan kata yang dipengaruhi oleh bahasa daerah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i2.9100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.