NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL I AM SARAHZA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Nur Ayu Widya Saraswati, Maman Paturahman, Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk nilai pendidikan karakter dalam novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai pendidikan karakter dalam Novel I Am Sarahza cenderung banyak ditemukan nilai religius dibandingkan nilai karakter lain. Nilai pendidikan karakter dalam Novel I Am Sarahza ditemukan nilai karakter sebanyak 224 nilai karakter. Jenis nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan diantaranya, 91 (41%) religius, 7 (3%) jujur, 1 (0,5%) toleransi, 4 (2%) disiplin, 13 (6%) kerja keras, 10 (4%) kreatif, 3 (1%) mandiri, 4 (2%) demokratis, 20 (9%) rasa ingin tahu, 7 (3%) semangat kebangsaan, 6 (3%) cinta tanah air, 7 (3%) menghargai prestasi, 11 (5%) bersahabat/komunikatif, 1 (0,5%) cinta damai, 19 (8%) gemar membaca, 2 (1%) peduli lingkungan, 13 (6%) peduli sosial, dan 5 (2%) tanggungg jawab. Nilai karakter religius cenderung banyak ditemukan dibandingkan nilai karakter lainnya di dalam Novel I Am Sarahza. Nilai religius ini diharapkan dapat mengembangkan karakter pada sikap atau perilaku yang positif dalam dimensi keagamaan, serta peserta didik dapat mengukur hal dalam perilaku yang baik atau buruk yang sesuai dengan ketentuan dan ketetapan agama. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel I Am Sarahza, pembelajaran bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Ellan Satrio. (2018). Karakter tokoh dan nilai pendidikan karakter

dalam novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari serta relevansinya

sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di

SMA (Doctoral dissertation). Universitas Negeri Semarang. Diakses pada

Oktober 2021 dari http://lib.unnes.ac.id/32453/1/2101411141.pdf.

Damayanti, Novita. (2014). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Anak

Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral dan implementasinya dalam

pembelajaran di SMP Negeri 3 Gabus (Doctoral dissertation).

Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 25 Oktober 2021

dari http://eprints.ums.ac.id/29871/.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung:

PT Alfabet.

Suwardani. Ni Putu. (2020). “Quo vadis” pendidikan karakter: dalam merajut

harapan bangsa yang bermartabat. Diakses pada 24 Oktober 2021 dari

http://repo.unhi.ac.id/bitstream/123456789/1349/1/13.%20Buku%20Pen

didikan%20Karakter.pdf.

Yulianto, A., Nuryati, I., & Mufti, A. (2020). Analisis nilai-nilai pendidikan

karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Tabasa:

Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 110-124.

Diakses pada 18 Desember 2021 dari

http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/tabasa/article/view/2596/903




DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i02.8311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.