PERSEPSI PEMBACA PADA NOVEL BUYA HAMKA: SETANGKAI PENA DI TAMAN PUJANGGA KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH

Risqi Aulia, Nur Irwansyah, Eko Yulianto

Abstract


Di dalam proses belajar pembelajaran di sekolah salah satunya ialah pembelajaran bahasa Indonesia mata pelajaran yang penting dalam semua tingkat di dunia pendidikan. Dalam hal ini guru selalu dituntut untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dengan empat keterampilan, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan juga menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengidentifikasi unsur intrinsik, nilai-nilai pendidikan, dan respon serta harapan pembaca melalui 10 orang pembaca yang sudah membaca novel Buya Hamka: Setangkai Pena di Taman Pujangga Karya Akmal Nasery Basral dan implikasi nya pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah pemberian tugas, kuesioner, dokumentasi dan tabel. Hasil penelitian ini adalah (1) 46,67% persepsi pembaca berupa unsur-unsur intrinsik, (2) 13,33% persepsi pembaca pada nilai-nilai pendidikan, 40% reaksi atau respon pembaca. Berdasarkan data temuan yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa 10 persepsi pembaca memberikan persepsi yang positif. Kata Kunci: Persepsi Pembaca, novel Buya Hamka: Setangkai Pena di Taman Pujangga Karya Akmal Nasery Basral, Pragmatik.

Full Text:

PDF

References


Dermawan, R. N., & Ajisaputra, C. (2014). Tanggapan pembaca terhadap novel ayatayat cinta karya habiburrahman el shirazy: tinjauan resepsi sastra. Caraka, 1(1),

-22. https://doi.org/10.30738/caraka.v1i1.1573

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.

Alfabeta.

Siswanto, W. (2008). Pengantar teori sastra. Malang: Grasindo.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (edisi revisi). Yogyakarta: Penerbit

Garudhawaca.

Salam, A., dan Akmal, R.(2014). Pahlawan dan pecundang militer dalam novel - novel

Indonesia. Yogyakarta : UGM Pres.

Moleong, L. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Afririo, E. (2016). Penerapan metode pemberian tugas pembuatan mind mapping untuk

meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas x pada mata pelajaran

teknologi mekanik di SMK negeri 2 Klaten. Skripsi,

http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44220

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah Ilmu Dakwah. 17,

(33).

P. 81-82. Retrieved from http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374




DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i02.8310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.