PESAN MORAL DALAM NOVEL KISAH UNTUK GERI KARYA ERISCA FEBRIANI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pesan moral dalam novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang bertumpu pada konsep jenis moral. Hasil penelitian pada novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani adalah pesan moral. Jenis-jenis pesan moral tersebut yaitu hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dan hubungan manusia dengan Tuhan dengan total sebanyak 166 temuan data. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa jenis pesan moral dalam novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani adalah hubungan manusia dengan manusia lain saling memiliki hubungan ataupun segala hal pasti melibatkan antara manusia yang satu dengan manusia lainnya sebagai manusia yang mengetahui norma-norma yang berlaku di masyarakat. Serta hasil dan pembahasan ini terdapat implikasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyangkut aspek peserta didik dalam mewujudukan jenis pesan moral di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Kata Kunci: Pesan Moral, Novel, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Bafirman. (2016). Pembentukan karakter siswa melalui pelajaran penjaskesorkes.
Jakarta: Kencana.
Hasan, M., Harahap, T. K., & Hasibuan, M. S. S. (2013). Metode penelitian
kualitatif. Klaten: CV Tahta Media Group
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Data kasus pengaduan anak. Diakses
dari https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-pengaduan-anak-2
-2020
Kusmaryanto, L. (2019). Penerapan model kluster kepada siswa berkebutuhan
khusus dalam pendidikan inklusi di SD Negeri 5 Arcawinangun Purwokerto.
Universitas Peradaban, Skripsi. http://eprints.peradaban.ac.id/529/
Liza, Z. N., & Harun, M. (2018). Analisis pesan moral berdasarkan stratifikasi
sosial tokoh dalam novel-novel karya Arafat Nur. Master Bahasa, 6(1), 1-
Diakses dari http://202.4.186.66/MB/article/view/11189/8964
Saputra, M. A. (2014). Instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif dan
pengembangan. Academia
https://www.academia.edu/11821145/Instrumen_Penelitian_Ku
alitatif_Kuantitatif_dan_Pengembangan
Ummah, S. I. (2020). Pesan moral dalam novel si anak pintar karya Tere Liye dan
implikasinya terhadap nilai-nilai kesantunan bagi peserta didik. Institut
Agama Islam Negeri Salatiga, Skripsi. http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9250
DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i02.8262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.