PERSEPSI PEMBACA PADA NOVEL BUYA HAMKA: SETANGKAI PENA DI TAMAN PUJANGGA KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH

Risqi Aulia, Nur Irwansyah, Eko Yulianto

Abstract


Di dalam proses belajar pembelajaran di sekolah salah satunya ialah pembelajaran bahasa
Indonesia mata pelajaran yang penting dalam semua tingkat di dunia pendidikan. Dalam hal ini
guru selalu dituntut untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dengan empat
keterampilan, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan juga menulis. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui, menganalisis dan mengidentifikasi unsur intrinsik, nilai-nilai pendidikan, dan
respon serta harapan pembaca melalui 10 orang pembaca yang sudah membaca novel Buya
Hamka: Setangkai Pena di Taman Pujangga Karya Akmal Nasery Basral dan implikasi nya pada
pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah pemberian tugas, kuesioner, dokumentasi dan
tabel. Hasil penelitian ini adalah (1) 46,67% persepsi pembaca berupa unsur-unsur intrinsik, (2)
13,33% persepsi pembaca pada nilai-nilai pendidikan, 40% reaksi atau respon pembaca.
Berdasarkan data temuan yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa 10 persepsi pembaca
memberikan persepsi yang positif.
Kata Kunci: Persepsi Pembaca, novel Buya Hamka: Setangkai Pena di Taman Pujangga Karya
Akmal Nasery Basral, Pragmatik.


Full Text:

PDF

References


Alviah, I. (2014). Kesantunan berbahasa dalam tuturan novel Para Priyayi karya Umar

Kayam. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2).

https://doi.org/10.15294/seloka.v3i2.6629

Adiningsih, A. (2020). Resepsi pembaca terhadap novel tembang raras ing tepis ratri

karya sunaryata soemardjo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

http://lib.unnes.ac.id/41008/

Baihaqi, I. (2017). Resepsi Cerita Perang Bubat Dalam Novel Niskala Karya Hermawan

Aksan. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(2), 61-

Baihaqi, I. (2017). http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v11i2.100

Darmawati, U. (2014). Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia, Apresiasi Prosa.

Klaten: PT Intan Pariwara.

Dermawan, R. N., & Ajisaputra, C. (2014). Tanggapan pembaca terhadap novel ayat-ayat

cinta karya habiburrahman el shirazy: tinjauan resepsi sastra. Caraka, 1(1), 14-22.

https://doi.org/10.30738/caraka.v1i1.1573

Endraswara, S. (2009). Metodologi penelitian folklor. Yogyakarta: Media Pressindo.

Gasong, D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Muhsyanur, Dr., (2019) Pengembangan Keterampilan Membaca: Suatu Keterampilan

Berbahasa Reseptif. Sulawesi Selatan: Uniprima Press.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Rohman, S., & Wicaksono, A. (Eds.). (2018). Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan

Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono, P. Dr.,(2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

CV. Alfabeta.

Siswanto, W. (2008). Pengantar teori sastra. Malang: Grasindo.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (edisi revisi). Yogyakarta: Penerbit

Garudhawaca.

Yudiono, K. S. (2009). Pengkajian kritik sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, M. (2019). Persepsi pada pembaca buku “nanti kita cerita tentang hari ini”(studi

pada pembaca di bandar lampung). http://digilib.unila.ac.id/59741/




DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i01.6612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.