ANALISIS STRUKTURAL DALAM NOVEL INTERLUDE KARYA WINDRY RAMADHINA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Kalsum Marasabessy, Ahmad Muzaki, Ahmad Khairil Anam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strukural novel Interlude karya Windry Ramadhina dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan struktural. Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi analisis isi dengan pendekatan struktural. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) struktur novel Interlude dapat dideskripsikan sebagai berikut: (a) tema dalam novel Interlude karya Windry Ramadhina adalah pendidikan; (b) penokohan dalam novel Interlude menggunakan penokohan sesuai kadar keutamannya yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan; (c) latar dalam novel Interlude karya Windry Ramadhina latar tempat di ibu kota Jakarta, latar waktu menggunakan penanda waktu, latar sosial berlatar kehidupan masyarakat adalah kultur pergaulan ala western; (d) sudut pandang dalam novel Interlude yaitu teknik campuran; (e) alur dalam novel Interlude yaitu alur maju dan alur campuran; (2) implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: struktural, novel, pembelajaran bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, H., Purwadi, Suryanto, E. (2016). “Analisis struktural dan nilai

pendidikan karakter novel Pukat karya Tere Liye serta relevansinya terhadap

materi pembelajaran bahasa Indonesia SMA”. Basastra jurnal penelitian

bahasa, sastra Indonesia dan pengajarannya, 4 (1). Pane, A., Dasopang, M., D.

(2017) “Belajar dan Pembelajaran”. Jurnal kajian ilmu-ilmu Keislaman, 03 (2).

Anam, A. K., & Purnama, Y. (2021). The Characteristics of Ahmad Tohari's Smile Short

Story by Ahmad Tohari. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia, 5(1), 8-13.

Anam, A. K. (2019). Gaya Bahasa Perbandingan Pada Novel Yang Fana Adalah Waktu

Karya Sapardi Djoko Damono. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran,

(1), 49-62.

Emzir, Rohman, S. (2015). Teori dan pengajaran sastra. Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Fransori, A., Susanti, D. I., Nafilah, I., & Sumadyo, B. (2017). Rangkuman analisis

bacaan sastra/ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Irwansyah, N. & Mukhtar (2013). Membaca. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Khaerani, S., Sumadyo, B., & Anam, A. K. (2021). Gaya Bahasa Sindiran Dalam

Kumpulan Cerpen Lelucon Para Koruptor Karya Agus Noor Dan Implikasinya

Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alegori: Jurnal Mahasiswa

Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1).

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah mada university

press.

Siagian, I., Ramliyana, R., Widyastuti, A., Kurniadi, F., Karyati, Z., Pujaning, A., Wisesa,

A. D., Dkk (2015). Bahasa Indonesia. Jakarta Selatan: Unindra Pres

Sidiq, U. & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan.

Ponorogo: CV Nata Karya.

Sutarni, S. & Sukardi. (2008). Bahasa Indonesia. Tangerang: Quadra

Samaran, D. P., Amrizal., & Lubis, B. (2018). “Analisis Struktural Novel O karya Eka

Kurniawan”. Jurnal ilmiah Korpus, II (III)




DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i01.6604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.