PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP KREATIVITAS MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 TAJURHALANG

Natalia Natalia, Ade Siti Haryanti, Adi Permana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Gaya Belajar Kinestetik terhadap Kreativitas Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tajurhalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan analisis uji beda rata-rata. Pengumpulan data dilakukan dengan menyusun instrumen penelitian. Instrumen adalah tes khusus yang diberikan kepada sampel berupa instrumen menulis Teks Biografi. Populasi terjangkau sebanyak 72 siswa dengan sampel sebanyak 48 siswa. Hasil analisis data menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Gaya Belajar Kinestetik terhadap Kreativitas Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tajurhalang. Hal ini didasarkan pada pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (6,03 > 2,01). Rata-rata kreativitas menulis teks biografi yang menggunakan Gaya Belajar Kinestetik sebesar 86,33 lebih tinggi dari pada yang menggunakan gaya belajar auditorial sebesar 66,5. Kata Kunci : Gaya Belajar Kinestetik, Kreativitas Menulis dan Teks Biografi

Full Text:

PDF

References


Riadi, Edi. (2014). Metode Statistika Parametrik dan Nonparametrik. Tangerang:

Pustaka Mandiri.

Fajwah, dkk. (2016). Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Samosir, Astuti dan Ade Siti Haryanti. (2016). Menulis. Jakarta. Pustaka Mandiri.

Serlin, dkk. (2018). Bahasa Indonesia. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Zabadi, Fairul dan Sutejo. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk

SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yunus, Syarifudin. (2017). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yusuf, A Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian

Gabungan. Jakarta: Kencana [Online]. Diakses dari

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RnA-

DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=info:ZQemdElUfUkJ:scholar.google.com/

&ots=Jx7tFi_yah&sig=h8ZKya_5Ov4yf5FxOU9gS6EA0QU&redir_esc=y#v=onep

age&q&f=false (dibaca pada 22 November 2020, pukul 14.47).

Sumber Jurnal

Bire, Arylien Ludji, dkk. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik

terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. Vol 44, No 2. [Online].

Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/5307 (diunduh pada

November, pukul 23.22)




DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i01.6593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.