PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP BINA CITRA MANDIRI

Nanang Heryana, Erna Megawati, Jatut Yoga Prameswari

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap keterampilan menulis teks narasi. Jenis penelitian ini adalah jenis eksperimen dengan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah kelas VII SMP Bina Citra Mandiri yang berjumlah 50 siswa. Desain yang digunakan adalah eksperimen dengan kelompok siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dan kontrol dengan kelompok siswa yang diajar dengan melalui metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Bina Citra Mandiri tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 50 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa, yakni 24 siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 26  siswa kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,12 pada kelas yang diajarkan menggunakan metode resitasi, sedangkan kelas yang diajarkan dengan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,34. Uji normalitas yang dilakukan menunjukan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Dilihat dari uji homogenitas menunjukan bahwa kedua varians antara kelas eksperimen dan kelas kontrol bersifat homogen karena diperoleh hasil Fhitung  5,4204 < Ftabel 12,592. Dalam pengujian hipotesis pada taraf signifikan bahwa  ttabel = t (α = 0,05 dk = n1 + n2 – 2 =  48) nilai ttabel untuk α = 0,05 dan dk = 48 yaitu ttabel = 1,677. Karena thitung >ttabel atau 7,6 > 1,677. Maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh metode resitasi terhadap keterampilan menulis teks narasi.

 

Kata Kunci: Metode Resitasi, Keterampilan Menulis, Narasi


Full Text:

PDF

References


Press, 2015). 121

Alwasilah, A.C dan Alwasilah S.N. (2013). Pokoknya Menulis (Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi). Bandung: Kiblat Buku Utama.

Ambarjaya, B.S. (2012). Psikologi Pendidikan dan Pengajaran (Teori dan Praktik). Yogyakarta: CAPS.

Djamarah, S.B., dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia

Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Malladewi, M.A & Sukartiningsih Wahyu. (2013). Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui jurnal pribadi siswa kelas IV di SD Negeri Balasklumprik i/434 surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 01 (2), hlm. 1-11.

Nurudin. (2010). Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta : Rajawali Pers.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Suhendra, Y dan Sarimanah E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Biografi. Jurnal Pedagogia. Volume 7 Nomor

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G.(2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zain, dan Djamarah. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i2.6278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.