DEIKSIS PADA NOVEL HIMPUNAN KARYA CITRA SARAS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Veradita Sakura, Endang Wiyanti, Irham Ramdani

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis jenis deiksis yang terdapat pada novel Himpunan karya Citra Saras dan mengungkapkan jenis deiksis apa yang terdapat di dalam novel tersebut. Metode yang digunakan oleh penulis ialah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis isi teks. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah sebagai berikut: 1) deiksis persona digunakan oleh tokoh dalam novel untuk merujuk dirinya, lawan bicaranya, atau seseorang yang sedang dibicarakan dengan persentase temuan sebanyak 56%. 2) deiksis tempat digunakan oleh tokoh untuk merujuk suatu tempat yang dapat berubah acuannya tergantung pada siapa, kapan, dan di mana mereka merujuk tempat tersebut, dengan persentase temuan sebanyak 14%. 3) deiksis waktu digunakan oleh tokoh dalam novel untuk merujuk suatu waktu yang akan terjadi atau yang sudah lampau, dengan persentase temuan sebanyak 16%. 4) deiksis sosial digunakan tokoh untuk merujuk seseorang menggunakan sebuah kedudukan, pangkat, atau status sosial yang ia miliki, dengan persentase temuan sebanyak 13%. 5) deiksis wacana digunakan untuk merujuk sebuah keterangan yang terjadi sebelum atau sesudah wacana terjadi, dengan persentase temuan sebanyak 1%.

Kata kunci : Pragmatik, Deiksis, Novel

Full Text:

PDF

References


Anggito, A. & Johan, S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Arifin, Z, dkk. (2016). ASAS-ASAS LINGUISTIK UMUM. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Dewi, R. (2019). PRAGMATIK (Antara Teori dan Praktik Berbahasa). Sleman: Deepublish.

Fahrurrozi & Wicaksono, A. (2017). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Yogyakarta: Garudhawaca.

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif, dan mixed method). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Mamik. (2015). Metodologi kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Yule, G. (2018). PRAGMATIK. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i2.6277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.