WACANA PERSUASIF DALAM IKLAN SKINCARE THE ORIGINOTE PADA UNGGAHAN AKUN TIKTOK @theoriginote DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Alifatul Haniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk wacana persuasif dalam iklan Skincare The Originote pada unggahan akun TikTok @theoriginote serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui analisis isi iklan Skincare The Originote di TikTok. Teknik pengumpulan data meliputi pemilihan iklan, membaca, menyalin, dan merekam teks iklan serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana persuasif dalam iklan Skincare The Originote efektif dalam menarik perhatian dan memengaruhi konsumen. Iklan ini menggunakan berbagai bentuk persuasif berupa berdaya-bujuk, berdaya-ajuk, dan berdaya-imbau untuk meningkatkan minat konsumen. Persentase penggunaan teknik persuasif dalam iklan tersebut adalah sebagai berikut: berdaya-bujuk (imperatif) 40%, berdaya-ajuk (interogatif) 24%, dan berdaya-imbau (deklaratif) 36%. Penelitian ini juga menemukan bahwa wacana persuasif dalam iklan skincare memiliki dampak positif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, yakni memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan bahasa persuasif dalam konteks komersial atau iklan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami strategi komunikasi persuasif dalam media sosial dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa, terutama dalam meningkatkan keterampilan analisis bahasa dan kritis siswa terhadap konten media sosial.

Kata Kunci: Wacana Persuasif, Iklan Skincare, Tiktok.


Keywords


Wacana Persuasif, Iklan Skincare, Tiktok.

References


Aisyah. S. Dkk. (2021). Dasar-dasar periklanan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.

Asip, M. (2022). Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia di SD. Bandung: Media Sains Indonesia.

Cahya, F. (2019). Analisis wacana persuasif dalam iklan produk kecantikan pada laman instagram wardah beauty periode 2018-Maret 2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Darma, Y. A. (2014). Analisis wacana kritis. Bandung: Refika Aditama.

Ghandi, F. A., & Martutik, M. (2022). Persuasif dalam iklan indomie pada media sosial twitter.JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(5), 676-692. https://doi.org/10.17977/um064v2i52022p676-692

Gustiasari, D. R., & Septiningrum, L. D. (2021). Tindak tutur wacana persuasif larangan membuang sampah di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 39-46.

Indrastuti, N. S. K. (2020). Pelatihan penyusunan wacana persuasif dan promotif melalui media sosial untuk branding Desa Wisata Kleco, Samigaluh, Kulon Progo.Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 41-50.https://doi.org/10.22146/bb.55499

Kustiawan, W., Ramadhani, K. R., Damanik, S. V., & Muharramsyah, A. (2022). Pengaruh politik dalam mengambil aspirasi rakyat. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(8), 1371-1380.https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i8.178

Lestari, J. W., & Ardhianti, M. (2018).Teknik persuasi pada iklan skincare di media sosial instagram. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 5(2), 37-46.https://doi.org/10.36456/bastra.vol5.no2.a5027

Mana, L. H. A. (2021). Respon siswa terhadap aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(4), 418-429.

Sari, Y.,&Samaya, D. (2021). Analisis wacana persuasif iklan produk kecantikan pada media online tribun sumsel dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Didactique, 2(2). http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i2.873

Simanjuntak, M. J. S., Ritonga, P. L., Manurung, S. V., & Siregar, M. W. (2024). Penggunaan bahasa persuasif beauty influencer pada iklan endorsement kosmetik di Tiktok. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3246-3256

Sugiyono, 2018 Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung:

ALFABETA)

Setiawati, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis wacana: konsep, teori, dan aplikasi.Universitas Brawijaya Press.

Tusanputri, A. V., & Amron, A. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian. In FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 23, No. 4, pp. 632-639).

Tarigan. H. G. (2021). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wati, R. I., Wardiani, R., & Astuti, C. W. (2023).Teknik persuasif pada iklan kartu seluler. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1).

Widjanarko, K. I., & Andik Yulianto, S. S. (2024). Gaya bahasa dan teknik persuasi pada iklan instagram toko kosmetik daring sociolla. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Surabaya, 11(02)




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v5i1.12599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.