GANGGUAN BERBAHASA PADA ANAK PENYANDANG AFASIA PANTI RUMAH HARAPAN TAPOS DEPOK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan bentuk-bentuk gangguan berbahasa tataran fonologi pada anak-anak penyandang afasia perkembangan di Panti Rumah Harapan Tapos Depok. Fokus penelitian ini adalah gangguan fonologi yang terdapat pada bunyi vokal dan konsonan yang diucapkan anak-anak penyandang afasia. Gangguan fonologi yang dimaksud terdiri dari tiga aspek, yaitu substitusi, adisi, dan omisi bunyi vokal dan konsonan. Objek pada penelitian ini adalah anak-anak penyandang afasia di Panti Rumah Harapan Tapos Depok yang mengalami kesulitan dalam berbicara, terutama dalam mengucapkan bunyi-bunyi vokal dan konsonan. Teknik penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis dan mendeskripsikan data berdasarkan rangkuman analisis yang berasal dari teori fonologi bahasa Indonesia dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gangguan fonologi pada anak-anak penyandang afasia ditemukan sebanyak 96 kesalahan bunyi ujaran. Kesalahan dalam penguasaan bunyi vokal terdapat 49 kesalahan, meliputi 22 subtitusi, 19 omisi, dan 8 Adisi ujaran vokal. Selain itu, kesalahan dalam penguasaan bunyi konsonan terdapat 47 kesalahan, meliputi 22 subtitusi, 20 Omisi, dan 5 Adisi ujaran konsonan.
Kata Kunci: Gangguan Berbahasa, penyandang afasia, fonologi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Creswell, J. W. (2017). Research Desighn: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diakses dari: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20453590&lokasi=lokal. Pada tanggal 21 Oktober 2022 pukul 10.30.
Chaer, A. (2003). Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
. (2007). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Dardjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Daroni, G. A. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Autis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Universitas Sebelas Maret.
Deang, N, dkk,. (2017). Ketampilan Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, memandu acara dan menulis surat, Bandung: Alfabeta.
Departemen Sosial RI, (2006) Panduan Kriteria Penyandang Cacat Fisik, Jakarta: Direktorat Pelayanan dan Rehabilitas Sosial, Direktorat Sosial RI.
Devianty, R. (2016). Pemerolehan Bahasa Dan Gangguan Bahasa Pada Usia Batita. Vol. IV. Jurnal Rudhah. Diakses dari: http://repository.uninsu.ac.id.
Pada tanggal 21 Oktober 2021 pukul 08.00.
Edja, S, dkk.. (1995). Bina Bicara. Prsepsi Bunyi dan Irama. Bandung: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru.
Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Fadhilasari, I. (2022). Gangguan Berbahasa Tataran Fonologis Pada Tuturan Penderita Stroke Iskemik: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.18(1). 152-165. Diakses dari: Https://journal.unika.ac.id.index.php/FON/index. Pada tanggal 21 Oktober 2022 pukul 08.30
Fadhilasari. I. (2022). Gangguan Berbahasa Tataran Fonologis Pada Tuturan Penderita Stroke Iskemik: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 18, No. 1, 152-165. Diakses dari: Https://journal.unika.ac.id.index.php/FON/index Diakses pada: 21 Oktober 2022 pukul 08.30
Hamalik, O. (2011). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Diakses dari: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/viewFile/59/38.
Pada tanggal 21 Oktober 2022 pukul 07.10.
Indah, N. R. (2017). Pengaruh Gangguan Berbahasa.UIN. Malang: Maliki Press.
. (2017). Buku Gangguan Berbahasa. UIN. Malang: Maliki Press.
Iskandarwassid & Dadang (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kuntarto, E. (2017). Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Martina, (2014). “Hambatan Berbahasa Anak Berkebutuhan Khusus di Bina Anak Bangsa Pontianak”. Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal badan bahasa kemendikbud. Vol 10 No. 1 hal.28-40.
Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Psikolinguistik dan Al-Qur’an. Jurnal Tarbiyah 7(2): 145-146. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2245. Pada tanggal 8 Januari pukul 07.25.
Masitoh, (2019). Gangguan Bahasa Dalam Perkembangan Bahasa Anak. Dalam Jurnal Elsa, Vol 17(1) Diakses dari: https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/download/105/84. Pada tanggal 19 Oktober 2022 pukul 20.10.
Muslich, M. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Muzaiyanah, M. (2015). Gangguan Berbahasa. Wardah, 15(1), 59-66. Jurnal Raden Fatah Diakses dari: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/vie/206. Pada tanggal 19 Oktober 2022 pukul 20.10.
Muzaiyanah, M. (2015). Gangguan Berbahasa. Wardah, Vol. 15(1), 64-65. Jurnal Raden Fatah Diakses dari: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/vie/206. Pada tanggal 19 Oktober 2022 pukul 20.10.
Pujaningsih, (2010). “Perkembangan Bahasa dan Gangguan Bahasa pada Anak Berkebutuhan Khusus”. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 6 No. 1. Diakses dari: https://journal.uny.ac.id. Pada tanggal 26 Maret 2023 pukul 10.00.
Sastra, Gusdi. (2011). Neurolinguistik:Suatu pengantar. Bandung: Alfabeta.
Sudarwati, Emy., dkk. (2017). Pengantar Psikolinguistik. Malang: UB Press.
Suyitno, (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v4i2.11419
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.