MAKNA DENOTASI DAN MAKNA KONOTASI DALAM LAGU ERA 1990AN DAN 2000AN

Tara Merischa Ariyadi, Yuli Rika Vidhiani, Yuenti Sova Puspidalia

Abstract


Penelitian ini menyelidiki makna denotatif dan konotatif dalam lirik lagu Indonesia dari era 1990-an dan 2000-an, dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Musik berfungsi sebagai media ekspresi budaya yang mempengaruhi emosi, ide, dan tindakan dalam masyarakat. Era 1990-an dan 2000-an menyaksikan kemunculan dan perkembangan berbagai genre musik di Indonesia, mencerminkan norma dan nilai sosial saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna literal (denotatif) dan makna lebih dalam (konotatif) dalam lirik lagu dari dekade tersebut. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, lirik dianalisis untuk menguraikan pesan yang disampaikan melalui simbol dan indikasi. Dengan meneliti lapisan-lapisan makna ini, penelitian ini memberikan wawasan tentang lanskap budaya dan emosional dari periode yang dimaksud. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya musik Indonesia secara historis dan budaya serta perannya dalam komunikasi dan ekspresi sosial.


Keywords


Denotasi, Konotasi, lirik lagu Indonesia dari era 1990-an dan 2000-an

References


Basri, S., & Sari, E. (2019). Tari Remo (Ngremong): Sebuah Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Tentang Makna Denotasi Dan Konotasi Dalam Tari Remo (Ngremong). GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(1), 5569. https://doi.org/10.26740/geter.v2n1.p55-69

Damayanti, I. K. (2022). Makna Terhadap Mitos dalam Lirik Lagu Takut Karya Idgitaf: Kajian Semiotika Roland Barthes. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 31. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i1.6150

Dr. Nur Sahid M.Hum. (2004). Semiotika untuk Teater, Tari, Wayang Purwa, dan Film.

Harnia, N. T. (2021). Analisis Semiotika Makna Cinta Pada Lirik Lagu Tak Sekedar Cinta Karya Dnanda. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 224238. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1405

Maulidiyah, M. (2021). The Makna Denotasi dan Makna Konotasi Dalam Film Animasi Amirotur Ruum Karya Hadi Mohammadian: Semiotika Roland Barthes. Al-MaRifah, 18(2), 151162. https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.02.04

Nasution, A. H., Aldzakhiroh, N., Nopriannsyah, B., & Hasan, N. (2024). Makna konotasi adalah makna tambahan atau tersembunyi yang terkait dengan suatu kata, frasa, atau simbol. Jurnal Metamorfosa, 12(1).

Nathaniel, A., & Sannie, A. W. (2018). Analisis Semiotika Makna Kesendirian Pada Lirik Lagu Ruang Sendiri Karya Tulus. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 19(2), 41. https://doi.org/10.19184/semiotika.v19i2.10447

Trimo Wati, T. W., Dina Safira Ikmaliani, & Mustolehudin. (2022). Representasi Makna Denotasi dan Konotasi dalam Lirik Lagu Kun Fayakun (Analisis Semiotika Roland Barthes). Alibbaa: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 73102. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5172

Yelly, P. (2019). Analisis Makhluk Superior (Naga) Dalam Legenda Danau Kembar (Kajian Semiotika Roland Barthes; Dua Pertandaan Jadi Mitos). Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(2), 121125. https://doi.org/10.37755/jsbi.v16i2.200




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v4i3.11207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.