PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN KEMUNING 01 KARANGANYAR

Esteen Arum Satyani, Kundharu Saddhono Saddhono

Abstract


Dalam konteks pendidikan di sekolah dasar (SD), pentingnya pendekatan inovatif dan adaptif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi semakin krusial. Artikel ini menggali tantangan dan solusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, khususnya di era digital saat ini, dengan fokus pada metode pembelajaran SQ3R. Metode ini, yang mencakup tahapan Survey, Question, Read, Recite, dan Review, dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan retensi informasi siswa. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis konten, artikel ini menyoroti keberhasilan SQ3R dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa SDN Kemuning 01. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat membaca siswa dan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi, memahami, dan menerapkan informasi dari teks.


Keywords


Bahasa Indonesia, Membaca, Sekolah Dasar, Strategi, SQ3R

References


Amelia, R., Harmi, H., & Wahyuningsih, W. A. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Survey, Question, Recite, Read, Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 58 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Khuzaimatun, S. (2009). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R pada siswa kelas X. 3 SMA Negeri 1 Sumberlawang. Skripsi.

Muhammadiah, M. U., Arifin, I., Lapi, M., Sartika, N., Rahmawati, R., Idris, N., & Lapi, S. (2023). MDEL PEMBELAJARAN-4 Konsep dan Penerapannya. Azkiya Publishing.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA MERAUKE. SEBATIK Journal, 23(2), 307316.

Santoso, G., Abdul Karim, A., Maftuh, B., & Murod, mun. (2023). Kajian Identitas Nasional melalui Misi Bendera Merah Putih, dan bahasa Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(1), 284296.

Rachma, S. A. (2023). Pengaruh Digital Terhadap Transformasi Pendidikan Pada Abad 21. Prosiding SEMINALU (Seminar Nasional LPPM UNIPAR Jember) , 236244. http://prosiding.unipar.ac.id/index.php/seminalu

Susanto, H. (2016). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGHADAPI ERA MEA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 1216.

Swan Pangesti, J., & Mujiburrahman. (2023). Peran Guru Fiqh dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di SMP Islam Amanah Ummah Mojolaban Sukoharjo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 505516. https://jurnaldidaktika.org505

Swandari, N., & Jemani, A. (2023). Pengembangan Soft Skill Peserta Didik melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang). LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 127147. http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/

Taqwa, R., Mulyanto, M., Tahyudin, D., Hapsari, D., Toruan, L. D. L., Muslim, M., Melinda, M., Wulindari, A., & Pratiwi, A. A. (2022). Joyfull learning: Pelatihan Guru Pelajaran Sosiologi di Kota Prabumulih dan Lahat. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 205. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7759

Yahya Saputra, H. (2023). Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. Abshar: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v5i1.10686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.