KALIMAT IMPERATIF DALAM NOVEL INGKAR KARYA BOY CANDRA

Alvina Septianda Fardita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kalimat imperatif dalam novel Ingkar karya Boy Candra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis isi. Pada penelitian ini, teknik analisis isi digunakan dengan cara memfokuskan pada novel yang berjudul Ingkar karya Boy Candra. Teknik analisis isi pada penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan kalimat imperatif yang terdapat dalam novel Ingkar karya Boy Candra. Dalam penelitian ini, kalimat imperatif terbagi menjadi: kalimat imperatif halus, kalimat imperatif permintaan kalimat imperatif ajakan, kalimat imperatif harapan, kalimat imperatif larangan, dan kalimat imperatif pembiaran. Setelah penulis melakukan analisis, diperoleh 241 data kalimat imperatif yang terdapat dalam novel Ingkar karya Boy Candra. Kalimat imperatif yang terdiri dari kalimat imperatif halus sebanyak 19 temuan setara 8%; kalimat imperatif permintaan sebanyak 63 temuan setara 26%; kalimat imperatif ajakan sebanyak 53 temuan setara 22%; kalimat imperatif harapan sebanyak 18 temuan setara; kalimat imperatif larangan sebanyak 71 temuan setara 30%; dan kalimat imperatif pembiaran sebanyak 17 temuan setara.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i2.10133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.