KONJUNGSI KOORDINATIF DALAM NOVEL SI PUTIH KARYA TERE LIYE

Murdiyanti Nur Syamsiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konjungsi Koordinatif dalam Novel Si Putih Karya Tere Liye. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, deskriptif dapat berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang dapat diamati. Pendekatan kualitatif dapat dilakukan untuk menganalisis sebuah fenomena baik individu maupun kelompok, peristiwa, dinamika sosial, sikap, keyakinan, dan persepsi. Teknik penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Dapat diketahui bahwa terdapat 400 temuan dengan persentase 100% konjungsi koordinatif dengan berbagai macam jenis konjungsi koordinatif. Frekuensi jenis konjungsi koordinatif penjumlahan menduduki peringkat tertinggi sebanyak 224 temuan dengan persentase 56%. Frekuensi jenis konjungsi koordinatif pemilihan sebanyak 56 temuan dengan persentase 14%. Frekuensi jenis konjungsi koordinatif pertentangan sebanyak 73 temuan dengan persentase 18,2%. Frekuensi jenis konjungsi koordinatif penyamaan sebanyak 27 temuan dengan persentase 6,8%. Dan frekuensi jenis konjungsi koordinatif penyimpulan sebanyak 20 temuan dengan persentase 5%. Hasil penelitian ini berguna untuk memahami Konjungsi Koordinatif dalam Novel Si Putih Karya Tere Liye.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i2.10131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.