Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemutusan Hubungan Kerja dengan Metode AHP

Hawwin Rizki Herlianto, Irawan Setiadi, Kevin Septianzah

Abstract


Permasalahan yang dihadapi adalah pemutusan hubungan kerja yang masih bersifat manual di PT Mitra Solusi Pratama, Proses penentuan pemilihan pemutusan hubungan kerja yang ada sekarang ini masih belum efisien. Tujuan dirancangnya suatu sistem pendukung keputusan pemilihan pemutusan hubungan kerja karyawan agar memudahkan pimpinan dalam penentuan pemutusan hubungan kerja karyawan dan proses perhitungannya terkomputerisasi dengan menggunakan metode AHP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process dalam penyelesaian permasalahan yang sudah diteliti. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu menghasilkan laporan data pemutusan hubungan kerja karyawan pada PT Mitra Solusi Pratama yang akurat sehingga dapat membantu dalam membuat strategi di masa yang akan datang.  Sistem aplikasi yang dirancang sudah layak digunakan untuk proses penilaian pemutusan hubungan kerja pada PT Mitra Solusi Pratama karena sudah sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat mempermudah pimpinan dalam proses penginputan data serta pembuatan laporan.


Full Text:

PDF

References


M. I. Fu’adi and A. Diana, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Untuk Pemilihan Karyawan Terbaik Pada Toko Sepatu Saman Shoes,” RADIAL J. Perad. Sains, Rekayasa dan Teknol., vol. 9, no. 2, pp. 265–280, 2022, doi: 10.37971/radial.v9i2.243.

G. A. Gulo, N. W. Nurhidayat, D. Aprillia, and Maruloh, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik di Restoran Soto Pak J Menggunakan Metode AHP,” J. Larik, vol. 1, no. 1, pp. 11–20, 2021.

E. B. Sambani and F. Nugraha, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Status Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode SMART keputusan yaitu metode Simple Multi Attribut Rating Tachnique ( SMART ) yang Metode System Development Life Cycle ( SDLC ). Sistem penujnan,” J. Sist. Inf. Dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 116–123, 2018.

A. G. Anto, H. Mustafidah, and A. Suyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (Decision,” Juita, vol. 3, no. 1, pp. 193–200, 2019.

M. Badaruddin, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menerapkan Kombinasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan Rank Order Centroid (ROC),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 4, p. 366, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i4.1508.

R. Antika and T. Susilowati, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan pada SMA N 1 Sukoharjo Menggunakan Metode SAW,” Sist. Inf. STMIK Pringsewu Lampung, pp. 481–489, 2017, [Online]. Available: www.stmikpringsewu.ac.id

H. T. Sihotang and M. Siboro, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Bermasalah Menggunakan Metode Saw Pada Sekolah SMP Swasta Mulia Pratama Medan,” J. Informatics Pelita Nusant., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2016, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/148/69

Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

Yanto, Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: DeePublish, 2020.

D. U. Nugeraha, Sistem Penunjang Keputusan: Filosofi, Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Garudhawaca, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i02.9259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats