Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jurusan Siswa Baru Pada SMK Manunggal Menggunakan Metode SAW

Siti Suryani, Ega Shela Marsiani, EK Ajeng Rahmi Pinahayu

Abstract


Di era yang modern ini, banyak masyarakat yang mengubah cara hidupnya dari gaya hidup tradisional menjadi modern karena perkembangan teknologi. Salah satunya pada dunia pendidikan yaitu Penerimaan Siswa Baru dan menetukan jurusan. Menentukan jurusan yang tepat sangat membantu siswa untuk menentukan pilihan jurusan dengan harapan lulus dapat memiliki keahlian dan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK sehingga siap bersaing di dalam dunia kerja. Sistem penjurusan yang masih manual sering terjadi kesalahan dalam mengisi data siswa dan duplikasi data karna belum adanya sistem pendukung keputusan secara terkomputerisasi. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu adanya penerapan sistem yang sudah terkomputerisasi agar menghasilkan data yang lebih baik dan dibutuhkan sebuah metode yang dapat digunakan dalam proses perhitungan matematika kemudian diterapkan dalam sistem pendukung keputusan(SPK) untuk mempermudah proses pendataan. Tujuan penelitian ini untuk membantu proses menentukan jurusan pada SMK Manunggal yang saat ini masih manual dan belum memiliki metode. Maka dalam penelitian ini akan dikembangkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dimana metode ini menentukan bobot untuk setiap atribut sehingga akan menghasilkan alternatif terbaik dari banyaknya alternatif dengan perhitungan yang tepat. Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem pendukung keputsan dengan metode SAW mampu mengatasi permasalahan dalam proses menetukan jurusan di SMK Manunggal.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan(SPK), Simple Additive Weighting (SAW), Jurusan Siswa Baru


Full Text:

PDF

References


Nurdiyah, D., (2016). Decision Support System For Approval New Student And Majoring Selection Based On Student’s Interest And Talent By Fuzzy Multiple Decision Making, Simple Additive Weighting And Buble Sort Method In SMK Telekomunikasi Tunas Harapan. Jurnal Transformatika, 14(1), pp.44-49.

Sovia, R., & Hadi, A. F. (2019). Membandingkan Metode SAW Dan MFEP Dalam Penentuan Jurusan di Tingkat SLTA. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(1), 59–65.

Fitriyani A, Handayani R, & Widanengsih E. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada SMK YMIK Joglo Jakarta Barat Menggunakan Metode Simple Additive Weigting (SAW). Jtksi, 03(01) hlm. 11–19.

Rusdiansyah. (2017). Analisis Keputusan Menentukan Jurusan Pada Sekolah Menengah dengan Netode Simple Additive Weighting. Jurnal Techno Nusa Mandiri, XIV(1) hlm. 49–56.

Syahputra, A. K., & Kurniawan, E. (2018). Perancangan Aplikasi Pemesanan Dan Pembayaran Berbasis Desktoppada Percetakan Ud. Azka Gemilang Menggunakan Metode Prototype. Seminar Nasional Royal (SENAR) , 9986(September), 105–110.

Sucipto, H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Dengan Metode SAW. Sisfotenika, 6(2), 147–157.

Giovani, A. P., Haryanti, T., & Kurniawati, L. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple. SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi Journal, 6(1) hlm. 71–79.

Prasetyo, B, dan Lina M, T. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Rajawali Pers, XXI(1) hlm. 25




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i03.9066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats