Penerapan Mobile UI Flutter Untuk Membangun Aplikasi Pariwisata Kota Pacitan Berbasis Android

Ribut Dwi Prasetyo, Ahmad Husain, Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari

Abstract


Pacitan adalah salah satu kota yang mempuyai banyak sekali aneka ragam keindahan alam khususnya sektor dibidang pariwisata untuk penunjang ekonomi. Minimnya penyedia layanan informasi terkemuka, keterbatasan wadah promosi, dan banyaknya halaman website yang harus dibuka untuk mendapatkan informasi membuat sebagian besar pengakses atau pengunjung akan mengeluh untuk mencari data yang sesuai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat model aplikasi pariwisata berbasis Android dengan mengunakan mobile ui flutter dalam membangunnya supaya menjadi trobosan baru dan efisien membantu para pengguna atau wisatawan menemukan informasi yang diingginkan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode Research and Development (R&D) yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk membuat sebuah item tertentu, dan menguji kelayakan metode strategi tersebut dengan menggunakan teori, pengetahuan, dan teknik yang dikumpulkan. Peneliti menarik kesimpulan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat mempermudah wisatawan atau pengguna untuk mendapatkan informasi. Proses penyajian informasi data menjadi lebih efektif dan tertata sempurna dalam kumpulan data yang didapat secara terus-menerus di database real time.

 

Kata Kunci : Aplikasi Pariwisata, Mobile Ui Flutter, Android


Full Text:

PDF

References


Sudarsono, Agus. 2021. Pengantar Aplikasi Komputer. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Komputer, Wahana. 2014. Membangun Aplikasi Mobile Cross Platform Dengan Phonegap. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Suryono, Sigit, and Hardiansah. 2020. Falling In Love with Flutter (Panduan Lengkap Membuat Aplikasi Android Dan IOS Dari Nol Menggunakan Flutter). Yogyakarta: PT. Lauwba Techno Indonesia.

Abrori, Faizul. 2020. Pariwisata Hallal Dan Peningkatan Kesejahteraan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Enterprise, Jubilee. 2015. Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. PT. Elex Media Komputindo.

Musdar, Izmy alwiah, and Hamdan Arfandy. 2020. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pariwisata Sulawesi Selatan Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Prototyping.” SINTECH (Science and Information Technology) Journal 3(1): 70–76.

Candra, Feri, and Ramadhan. 2020. “Perancangan Aplikasi Pariwisata Kuantan Singingi Berbasis Android Menggunakan Push Notification Dan LBS.” Jurnal Fasilkom 10(1): 33–41.

Salim, and Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Muslihudin, Muhamad, and Oktafianto. 2016. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i02.8599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats