Sistem Pendukung Keputusan Distribusi Penanganan Perkara Keberatan Pada Direktorat Jenderal Pajak Dengan Metode SAW

Marcelina Panggabean, Yuni Wibawanti, Fanisya Alva Mustika

Abstract


Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah instansi yang diberi amanat oleh Undang- Undang untuk menyelenggarakan salah satu fungsi pelaksanaan administrasi perpajakan yaitu penanganan perkara keberatan yang diajukan Wajib Pajak atas ketetapan yang diterbitkan. Perkara keberatan ditangani oleh pegawai dengan jabatan Penelaah Keberatan. Dalam pelaksanaanya, penentuan Penelaah Keberatan masih dilakukan secara manual tanpa melihat kompetensi dan beban kerja dari penelaah keberatan. Hal ini dikarenakan belum tersedianya secara sistem informasi kompetensi dan beban kerja dari Penelaah Keberatan. Salah satu solusi pemecahan masalah tersebut adalah dengan merancang sistem pendukung keputusan penentuan PK untuk menangani perkara keberatan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini Kepala Seksi Kepala Seksi Keberatan, Banding dan Pengurangan (KBP) mampu menentukan pilihan terbaik untuk penugasan penanganan perkara keberatan berdasarkan risiko perkara, kompetensi, pengalaman dan beban kerja PK.


Full Text:

PDF

References


I. N. Hanifah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Dengan Simple Additive Weighting,” J. Tek. Elektro, vol. 6, no. 1, p. 45, 2014.

P. A. W. Santiary, P. I. Ciptayani, N. G. A. P. H. Saptarini, and I. K. Swardika, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Wisata dengan Metode TOPSIS,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, pp. 621–628, 2018.

M. Rani, R. Ardiansyah, A. Agusti, D. Erdriani, and N. Husna, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier di Tia Pet Shop dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. VIII, no. 1, pp. 111–116, 2021.

Gunawan and A. P. Nugroho, “Perbandingan Sistem Pendukung Keputusan Metode Weighted Product dan Simple Additive Weighting (Studi Kasus : Pemilihan Media Cetak sebagai Sarana Promosi di Balikpapan),” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2018, pp. 19–24.

Trisnawati, D. Puastuti, and L. Soleha, “Penggunaan Metode SAW dalam Pemilihan Media Pembelajaran yang Efektif,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 13, no. 1, pp. 72–84, 2020.

E. Ismanto and N. Effendi, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” SATIN (Sains dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 1, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i02.8457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats