Perancangan Aplikasi Belajar Huruf Hijaiyah Dan Baca Iqra 1 Berbasis Android Untuk Taman Kanak-kanak

Fajar Eri Irianto, Rendi Prasetya, Siti Marti'ah

Abstract


 

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengetahuan dalam pembelajaran dan pengenalan huruf hijaiyah pada pembelajar khususnya usia taman-taman kanak, selain itu penulis juga berharap aplikasi ini dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam belajar. Penulis juga menganalisis bahwa penggunaan smartphone adalah alat yang sangat digemari oleh anak-anak, sehingga penulis dapat membuat aplikasi ini yang disisipkan dengan pembelajaran huruf hijaiyah yang memudahkan usia taman kanak-kanak dalam mempelajari dan memahami huruf Hijaiyah melalui smartphone . Dan aplikasi ini juga ditujukan untuk memudahkan pengajar atau orang tua dalam mengajar huruf hijaiyah dan membaca iqro.

 

Kata Kunci : Belajar Hijaiyah, Baca Iqra 1, Android

 

 


Full Text:

PDF

References


Aziz, M., & Nasution, Z. (2020). Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an : memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur'an. Medan: CV Pusdikra MJ.

Dayudin, & Rohendi, A. (2018). Cara Cepat Menulis Huruf Arab Melalui Pendekatan Anatomis. Bandung: Bahasa dan Sastra Arab.

Hardy, I. H., Pane, S. F., & Sujadi, E. C. (2020). Pengembangan Smart Conveyor pada Tracking Barang Berbasis IoT. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Hendriyani, Y., & Suryani, K. (2020). Pemrograman Android Teori dan Aplikasi. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

Herlinah, & Musliadi. (2019). Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kadir, A. (2020). Logika Pemrograman Java. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Karman, J., Mulyono, H., & Martadinata, A. (2019). Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi SIG Pariwisata. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Mahmud, W. (2018). Bisnis Online untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Pane, S. F., Hardy, I. H., & Sujadi, E. C. (2020). Pengembangan Smart Conveyor pada Tracking Barang Berbasi IoT. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Pane, S. F., Zamzam, M., & Fadillah, M. D. (2020). Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Pane, S. F., Zamzam, M., & Fadillah, M. D. (2020). Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Purnomo, R. F., Purbo, O. W., & Aziz, R. A. (2020). Firebase - Membangun Aplikasi Berbasis Android. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

]R. A., & Shalahudin, M. (2014). Pengertian Use Case Diagram. Yogyakarta: Andi.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Santi, I. H. (2020). Analisa Perancangan Sistem. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2014). Beginning Android Programming with ADT Bundle. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Web. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sitorus, L. (2015). ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Yamin, H. M. (2018). Perspektif Demokrasi Untuk Islam Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i01.6483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats