Sistem Penunjang Keputusan Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan Dengan Cicilan Pada Bimbel Bintang Cemerlang

Rika Juliyana, Desi Novianti, Dwi Dani Apriyani

Abstract


Bimbingan Belajar (Bimbel)  adalah suatu bentuk bantuan untuk peserta didik agar mampu melakukan penyesuaian diri, membuat beberapa pilihan, memecahkan masalah-masalah pendidikan, pengajaran dan pembelajaran yang sedang dihadapinya. Untuk siswa yang ingin melakukan pembelajaran di bimbel, orang tua harus memenuhi pembayaran perbulannya. Maka munculah permasalahan dibimbel khususnya pada pembayaran, yaitu pendataan masih menggunakan manual yaitu tulis tangan di dalam buku besar, banyak orangtua siswa yang mengajukan pembayaran dengan menyicil sehingga pihak bimbel kesulitan menentukan siapa yang layak mendapat cicilan dan bimbel memberikan cicilan tanpa melihat kemampuan orang tua dan ekonomi yang mengakibatkan pemberian cicilan ke orang tua siswa tidak sesuai targetnya dan pembuatan laporan juga memerlukan banyak waktu karena harus mengecek buku besar dan rekapan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem komputer yaitu untuk meringankan pekerjaan admin dalam pendataan admin, pendataan siswa, pendataan wali siswa, pendataan permohonan cicilan, menghitung proses penentuan kelayakan cicilan agar mendapat hasil yang lebih akurat dan pembuatan laporan dari prosesnya agar dapat menjadi lebih cepat dan tepat dimana metode pengambilan keputusan menggunakan SAW dan dirancang menggunakan flowchart. Sehingga didapatkan solusi untuk permasalahan di bimbel bintang cemerlang yaitu dengan membuat perhitungan kelayakan penerima cicilan dengan hasil yang akurat.

 

Kata Kunci : bimbel, cicilan, pembayaran, Simple Additive Weighting (SAW), SPK.


Full Text:

PDF

References


Abadi, S., & Latifah, F. (2016). Decision Support System Penilaian Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 6, 37–43.

http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/59

Andalia, F. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Padang Teknik Informatika. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 4(2), 190-201.

https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputa/article/view/2431

Andryanto, T., & Aruan, M. C. (2021). Aplikasi Sistem Penilaian Penggajian Santri Pada Remaja

Masjid Al-Ikhlas Berbasis Java Netbeans. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1), 726-732.

http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/4987

Anjani, T., & Mutia, I. (2020). Perancangan Aplikasi Peminjaman Buku Perpustakaan Pada SDN Mekarjaya 11 Depok. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/STRING/article/view/4883

Darmastuti, D. (2013). Implementasi Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 16(2), 1–6.

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/2658

Hardiyanti, T. (2016). Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan bagi Siswa Baru dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting pada SMK St . Fransiskus Semarang. JOINS (Journal of Information System) Udinus, 78–89. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/joins/article/view/1178

[Noor, M., & Masykurinnisa, A. (2017). Aplikasi Ayatul Ahkam Berbasis Web. Jurnal Sains Dan Informatika, 3(2), 94–100. https://doi.org/10.34128/jsi.v3i2.107

Prabowo, E., & Suyono, S. (2018). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Menggunakan Visual Basic ( Studi Kasus MTS Guppi Airnaningan ). Konferensi Mahasiswa Sistem Informasi, 6(1), 69–75.

http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/procidingkmsi/article/view/622

Sihombing, M. M. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Melalui Bimbingan Belajar Yang Dilakukan Di Puri Cempaka. Jurnal pkm, 1(1), 7–13.

http://journal.sttdp.ac.id/index.php/sttdp/article/view/65

Siti Aisyah. (2019). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode SAW Pada Perusahaan Leasing. Jurnal TEKNOVASI,

(3), 255-264. https://www.ejurnal.plm.ac.id/index.php/Teknovasi/article/view/303




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i04.6155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats