Pengembangan Perangkat Pemberi Makan Kucing Otomatis Berbasis Internet Of Things

Legina Praba Ayu, Rudi Prasetya, Nurmala Dewi Qadarsih

Abstract


Pergerakan zaman menuju era otomatisasi menjadi suatu langkah besardalam peradaban manusia. Penggunaan teknologi otomatisasi yang terintegrasi dengan bantuan koneksi internet atau yang lebih dikenalsebagai IoT telah banyak membantu kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah pemberian pakan hewan kucing. Ketika pemilik sibuk bekerja atau bekerja selama lebih dari 2 hari,pemberian pakan masalah. Namun kehadiran alat makan kucing otomatis menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Pada penelitian ini, dibuat alat pemberi makan kucing otomatis yang menggunakan basis mikrokontroler NodeMCU ESP8266 yang sudah terpasang modul WiFi. Dilengkapi dengan dua buah timbangan load cell yang dikombinasikan dengan modul HX711 menunjukan tingkat akurasi 95,80% dan load cell kedua memiliki tingkat akurasi 96, 91% dapat menyatukan sisa berat pakan di penampung dan wadah makan kucing dapat menjadi alat monitoring makanan yang diterima kucing. Alat juga dilengkapi dengan kamera pemantau yang menggunakan smartphone dengan aplikasi Live-reporter yang membuat pemilik dapat melihat keadaan sekitar alat dan hewan peliharaan. Alat ini dikendalikan dengan aplikasi Blynk yang menyediakan widget untuk membantu kita menyatukan, mengubah waktu pakan, melihat statistik pemberian, waktu dan terakhir pemberian pakan, serta widget live streaming yang menampilkan video aktual kondisi alat dan kucing. pada alat ini menggunakan metode pengujian kotak hitam di mana setiap komponen alat diuji satu per satu sehingga alat dapat berfungsi sebagaimana mestinya pengujian. Alat juga dilengkapi dengan kamera pemantau yang menggunakan smartphone dengan aplikasi Live-reporter yang membuat pemilik dapat melihat keadaan sekitar alat dan hewan peliharaan. Alat ini dikendalikan dengan aplikasi Blynk yang menyediakan widget untuk membantu kita menyatukan, mengubah waktu pakan, melihat statistik pemberian, waktu dan terakhir pemberian pakan, serta widget live streaming yang menampilkan video aktual kondisi alat dan kucing. pada alat ini menggunakan metode pengujian kotak hitam di mana setiap komponen alat diuji satu per satu sehingga alat dapat berfungsi sebagaimana mestinya pengujian. Alat juga dilengkapi dengan kamera pemantau yang menggunakan smartphone dengan aplikasi Live-reporter yang membuat pemilik dapat melihat keadaan sekitar alat dan hewan peliharaan. Alat ini dikendalikan dengan aplikasi Blynk yang menyediakan widget untuk membantu kita menyatukan, mengubah waktu pakan, melihat statistik pemberian, waktu dan terakhir pemberian pakan, serta widget live streaming yang menampilkan video aktual kondisi alat dan kucing. pada alat ini menggunakan metode pengujian kotak hitam di mana setiap komponen alat diuji satu per satu sehingga alat dapat berfungsi sebagaimana mestinya pengujian. Alat ini dikendalikan dengan aplikasi Blynk yang menyediakan widget untuk membantu kita menyatukan, mengubah waktu pakan, melihat statistik pemberian, waktu dan terakhir pemberian pakan, serta widget live streaming yang menampilkan video aktual kondisi alat dan kucing. pada alat ini menggunakan metode pengujian kotak hitam di mana setiap komponen alat diuji satu per satu sehingga alat dapat berfungsi sebagaimana mestinya pengujian. Alat ini dikendalikan dengan aplikasi Blynk yang menyediakan widget untuk membantu kita menyatukan, mengubah waktu pakan, melihat statistik pemberian, waktu dan terakhir pemberian pakan, serta widget live streaming yang menampilkan video aktual kondisi alat dan kucing. pada alat ini menggunakan metode pengujian kotak hitam di mana setiap komponen alat diuji satu per satu sehingga alat dapat berfungsi sebagaimana mestinya pengujian.

 

Kata Kunci : Internet of Things , NodeMCU, Mikrokontroler, Pemberi Makan


Full Text:

PDF

References


Brooks, H.L, dkk. The power of support from companion animals for people living with mental health problems: a systematic review and narrative synthesis of the evidence. BMC Psychiatry 18, 31 (2018). Retrieved from https://doi.org/10.1186/s12888-018-1613-2

WebMD. (2019). What to do when your cat won’t eat.

Sedarmayanti. 2001. Dasar-dasar Pengetahuan tentangManajemen Perkantoran. Ed. Revisi II. Bandung: CV. Mandar Maju.

Shovic, J. C. (2016). Raspberry Pi IoT Projects: Prototyping Experiments for Makers. Washington D.C.: Appres.

Buyya, R. (2008). Internet of Things Principle and Paradigm. India: Musear Kerpharm.

Khair, U. and Sabrina, T. (2019) . Alat pemberi makan kucing otomatis berbasis arduino uno pada pet shop. Sebatik, 23(1), pp. 9-14.

Ngarianto & A. A. S. Gunawan. (2020). Pengembangan automatic pet feeder mengunakan platform blynk berbasis mikrokontroler esp8266. Jurnal EMACS (Eng. Math. Comput. Sci. J.), 2 (1) pp. 35–40. DOI

Baehaki M. H. & Lestariningati S. I. (2017). Pemberi pakan hewan Peliharaan berbasis web. J. Tek. Komput. Unikom – Komputika, 6 (1). pp. 13–16.

Pressman, Roger, S. (2001), Software Engineering: A Practitioner's. Approach, Fifth Ed. New York, McGraw-Hill Book Company.

Juliadilla, R., & Hastuti H., S. (2019). Peran pet (hewan peliharaan) pada tingkat stres pegawai purnatugas. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 153-175. doi:http://dx.doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1488

Khair, U. and Sabrina, T. (2019) . Alat pemberi makan kucing otomatis berbasis arduino uno pada pet shop. Sebatik, 23(1), pp. 9-14.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i03.5835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats