Implementasi Sistem Keamanan AES 256-Bit GCM Guna Mengamankan Data Pribadi

Ega Shela Marsiani, Irawan Setiadi, Alqomari Cahyo

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin cepat dapat dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatan teknologi yang dilakukan manusia adalah untuk berkomunikasi, mempermudah pekerjaan, dan memperoleh informasi. Tetapi dibalik semuanya itu, teknologi memiliki kelemahan. Kelemahan dari teknologi ialah kurangnya keamanan terhadap data pribadi. Keamanan data merupakan hal yang perlu diperhatikan karena data tersebut bisa dicuri oleh pihak ketiga apabila tidak memiliki sistem keamanan data. Salah satu cara agar data dapat diamankan oleh sistem adalah dengan Kriptografi. Kriptografi adalah penerapan dan studi tentang teknik pengamanan komunikasi maupun data terhadap pihak ketiga/musuh. AES-256 Bit merupakan algoritma kriptografi yang dapat digunakan untuk mengamankan data. AES-256 Bit merupakan blokchipertext simetrik yang dapat mengenkripsi dan dekripsi data/informasi dengan ukuran kunci 256 bit. Dengan menggunakan AES-256 Bit keamanan data tersebut dapat terjaga karena algoritma tersebut melakukan pengamanan dan penyandian yang berlapis-lapis.

Kata Kunci : Kriptografi, AES-256 Bit, Enkripsi, Dekripsi


Full Text:

PDF

References


N. Anwar, M. Munawwar, M. Abduh, and N. B. Santosa, “Komparatif Performance Model Keamanan Menggunakan Metode Algoritma AES 256 bit dan RSA,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), 2018.

G. Bhaudhayana and I. Widiartha, “Implementasi Algoritma Kriptografi Aes 256 Dan Metode Steganografi Lsb Pada Gambar Bitmap,” J. Ilmu Komput., 2015.

A. Marisman and A. Hidayati, “PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBANDING KRIPTOGRAFI DENGAN CAESAR CIPHER DAN ADVANCE ENCRYPTION STANDARD (AES) UNTUK FILE TEKS,” J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, 2015.

F. Nuraeni and Y. H. Agustin, “The IMPLEMENTASI CAESAR CIPHER & ADVANCED ENCRYPTION STANDAR (AES) PADA PENGAMANAN DATA PAJAK BUMI BANGUNAN,” J. Ilm. Matrik, 2020.

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., 2016.

A. R. Tulloh, Y. Permanasari, and E. Harahap, “Kriptografi Advanced Encryption Standard ( AES ) Untuk Penyandian File Dokumen,” J. Mat. UNISBA, 2016.

A. Prameshwari and N. P. Sastra, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen,” Eksplora Inform., 2018.

O. K. Sulaiman, K. Nasution, and S. Y. Prayogi, “Enkripsi Surat Elektronik Menggunakan Metode XXTEA,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., 2019.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i02.4096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats