Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Tenaga Kerja Kontrak Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Abdul Salam Yunus, Rayung Wulan, Sri Endang Wahyuni

Abstract


Telah berhasil dirancang sistem pendukung keputusan yang memiliki tujuan membantu dan mempermudah dalam pengambilan keputusan serta mengatasi permasalahan yang ada pada penilaian kinerja tenaga kerja kontrak Kecamatan Jatisampurna dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan SAW (Simple Additive Weighting) memiliki kelebihan dibandingkan dengan metode pendukung keputusan lain yang terletak pada kemampuannya untuk melakukan penilaian secara lebih tepat karena didasarkan  pada nilai kriteria dan bobot preferensi yang sudah ditentukan. Sistem pendukung keputusan dibuat dengan bahasa pemrograman java dengan menggunakan software Java NetBeans 8.0.2 dan penyimpanan data pada database MySQL. Berdasarkan pada hasil pengujian dengan metode SAW (Simple Additive Weighting) diimplementasikan dalam penilaian kinerja tenaga kerja kontrak dengan berdasarkan 3 faktor kriteria yang digunakan, hasil pengujian menunjukkan nilai preferensi dan skor akhir keluaran sistem yang dibuat sama persis dengan hasil perhitungan manual yang menunjukkan validitas sistem berbasis Java dan MySQL yang dibuat.

                                                                     

Kata Kunci:      Metode SAW (Simple Additive Weighting), SPK (Sistem Penunjang Keputusan), Penilaian Kinerja, Tenaga Kontrak 

 


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

R. Taufiq and C. A. Saputra, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Saw Pada Sman 15 Tangerang,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 7, no. 1, p. 75, 2018.

A. G. Anto, H. Mustafidah, and A. Suyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ),” Juita, 2015.

E. L. Ruskan, “Kolaborasi Metode Saw Dan Ahp Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Asisten Laboratorium,” JSI J. Sist. Inf., vol. 9, no. 1, pp. 1204–1215, 2017.

L. A. Prasetyo, “Sistem Pendukung Keputusan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode Kombinasi Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weigting (SAW),” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 130, 2018.

I. D. Subhi and P. Irfansyah, “Rancang Bangun Sistem Aplikasi Absensi dan Penilaian Prestasi Kerja pada Remaja Center,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 1, no. 02, pp. 207–214, 2020.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i01.4007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats