Sistem Pakar Penentu Kopi Terbaik Berdasarkan Barista Pada Kolaris Kopi

Reggy Saputra

Abstract


Sistem pakar dibuat untuk mempermudah user atau pengguna komputer, agar mampu memahami berbagai macam hal yang ingin diketahui dan dikembangkan dengan cara mengadopsi pola pikir dan pengetahuan manusia (yang dalam hal ini adalah seorang expert atau pakar), yang ditujukan untuk mencari sebuah atau beberapa buah solusi yang memuaskan usernya seperti ketika seorang pakar atau ahli. Café kolaris kopi ini melakukan kegiatan menentukan menu kopi terbaik berdasarkan barista dan pencataan penjualan menggunakan kwitansi, sehingga pencatatan dilakukan secara manual dan belum melibatkan alat bantu komputer. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dirancang sistem penentu kopi yang sesuai keinginan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa sistem yang sedang berjalan pada café kolaris kopi dan menerapkan metode fuzzy logic pada penentu pemilihan kopi yang tepat. Pada penelitian ini, metode yang digunakan metode grounded teory dan fuzzy logic untuk sistem pengembangannya. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian, dilakukan observasi langsung ke café, wawancara kepada pihak terkait dicafe dan studi literature. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa dengan diterapkan aplikasi sistem penentu kopi terbaik pada café kolaris kopi ini, konsumen akan lebih mudah menemukan kopi apa yang tepat dan sesuai selera. 

 

Kata Kunci : sistem pakar, penentu kopi, java, php


Full Text:

PDF

References


M. Soleh, “Sistem Pakar Penentuan Selera Konsumen Terhadap Menu Kopi Dengan Metode Fuzzy Logic,” pp. 0–5, 2010.

A. Kamsyakawuni, R. Gernowo, and E. A. Sarwoko, “Aplikasi Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit Hipertiroid dengan Metode Inferensi Fuzzy Mamdani,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 58–66, 2012.

N. Firmansyah, “Sistem Pakar Indentifikasi Pengecekan Kualitas Kupi Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Rekursif, vol. 5, no. 3, pp. 298–306, 2017.

G. feri handono Mohammad yazdi, “Sistem pakar fuzzy penentuan kualitas kakao,” Obstet. Gynaecol. Jpn., vol. 65, no. 10, p. N-250-"N-253", 2013.

D. A. Rahmawati, “Penerapan Fuzzy Logic Dengan Menggunakan Metode Mamdani Untuk Memprediksi Kualitas Kopi,” 2015.

L. Lukman, “Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Mata Menggunakan Php dan Mysql,” Fakt. Exacta, vol. 11, no. 1, p. 47, 2018.

Y. Liza Yulianti, “SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA PT . SURYA NUSA BHAKTINDO BENGKULU ABSTRACT One effort to present information about the construction material supply house , is one of them by making Materials Inventory application using Microsoft Visual Basic 6 .,” vol. 8, no. 1, 2012.

M. Rosaliza, “Wawancara, sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitif.” 2015.

N. Nilamsari, “Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif,” vol. XIII, no. 2, pp. 177–181, 2014.

I. Zulfa, R. Septima, and I. Syah, “Sistem Pakar Untuk Mengetahui Tingkat Kesuburan Tanah Pada Jenis Tanaman Kopi Menggunakan Metode Fuzzy Logic ( Studi Kasus Kota Takengon ),” vol. 5, no. 36, pp. 37–52, 2020.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i01.4005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats