Aplikasi Media Pembelajaran Asmaul Husna Menggunakan Metode Fisher Yates Berbasis Android

Habib Imam Maulana, Mercy Hermawati, Mohamad Lutfi Nugraha

Abstract


Algoritma Fisher Yates Shuffle merupakan salah satu algoritma yang digunakan untuk menghasilkan suatu permutasi acak dari satu set yang terbatas. Algoritma ini digunakan ke dalam aplikasi game berbasis android sebagai media pembelajaran asmaul husna yang merupakan game edukasi untuk pengenalan asmaul husna. Dalam aplikasi game edukasi media pembelajaran asmaul husna ini, pemain harus mampu menjawab soal pilihan ganda dengan benar. Pengimplementasian algoritma Fisher Yates Shuffle pada aplikasi game media pembelajaran asmaul husna untuk mengacak soal dan jawaban pada soal tebak arti asmaul husna pilihan ganda. Pengujian dilakukan dengan metode black box testing. Hasil pengujian menunjukan bahwa algoritma Fisher Yates Shuffle dapat menghasilkan pengacakan pada soal dan jawaban pada game media pembelajaran asmaul husna pilihan ganda tersebut.


Full Text:

PDF

References


Y. Arviansyah, N. Nurfaizah, and R. Waluyo, “Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Aplikasi TOEFL Preparation Berbasis Web,” J. Buana Inform., vol. 11, no. 2, pp. 112–122, 2020, doi: 10.24002/jbi.v11i2.3622.

M. Hanif Ridwannulloh, “Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Dalam Pembuatan Ujian Online Berbasis Web,” J. Inform., vol. 08, pp. 16–21, 2021.

A. Maulana, F. Fauziah, and R. T. Komalasari, “Penerapan Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Penerimaan Forum Studi Mahasiswa Informatika Universitas Nasional,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 5, no. 2, p. 104, 2020, doi: 10.29100/jipi.v5i2.1808.

D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, p. 32, 2019, doi: 10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39.

F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.

A. Ridoh and Y. I. Putra, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Dokumen Layanan Publik Berbasis Web Untuk Mempermudah Masyarakat Memperoleh Informasi Pada Pemerintah Kabupaten Bungo,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 4227–4235, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1525.

t bayu Kurniawan and Syarifuddin, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” J. Tikar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121

A. M. Kusuma and E. Yosrita, “Aplikasi Buku Digital Bidang Teknologi Informasi Berbasis Android Mobile Pada Perpustakaan Bppki Surabaya Badan Litbang Kementerian Kominfo,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 5, no. 2, p. 14, 2017, doi: 10.31504/komunika.v5i2.842.

Dimas Indra Andhika, M. Muharrom, Edhi Prayitno, and Juarni Siregar, “Rancang Bangun Sistem Penerimaan Dokumen Pada Pt. Reasuransi Indonesia Utama,” J. Inform. Dan Tekonologi Komput., vol. 2, no. 2, pp. 136–145, 2022, doi: 10.55606/jitek.v2i2.225.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. 22, 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i02.11120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats