Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan dengan Metode SAW

Frizky Bagas Wicaksono, Fanisya Alva Mustika, Shinta Dwi Handayani

Abstract


RS Khusus Bedah Rawamangun merupakan fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan medis dan perawatan bagi yang sakit, rumah sakit ini memiliki jumlah karyawan yang tidak sedikit. Karena rumah sakit ini memiliki beberapa divisi. Dan oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang akan nanti akan dapat membantu pihak HRD RS Khusus Bedah Rawamangun untuk menentukan kenaikan gaji karyawan dengan metode kuantitatif, dimana kriteria penilaian kinerja karyawan diidentifikasi, bobot kriteria ditentukan, sistem SAW diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, dan pengujian dilakukan menggunakan data kinerja karyawan yang tersedia, menunjukkan sistem memberikan peringkat yang konsisten dan objektif dalam menentukan kenaikan gaji berdasarkan nilai kinerja, meskipun dengan pengakuan adanya keterbatasan sensititvitas terhadap perubahan bobot dan ketidakmampuan untuk mengatasi preferensi non-linier. Simpulan dari penelitian ini adalah menampilkan sebuah sistem keputusan yang terkomputerisasi memberikan hasil yang mempercepat waktu menentukan kenaikan gaji dan mengurangi kesalahan saat menentukan kenaikan gaji serta meningkatkan efisiensi.


Full Text:

PDF

References


I. D. Subhi, P. Irfansyah, and P. S. Informatika, “Rancang bangun sistem aplikasi absensi dan penilaian prestasi kerja pada remaja center,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 01, no. 02, pp. 207–214, 2020.

E. Turban, “Decision Support System and Intelligent System,” 2005.

F. Sonata, J. Hutagalung, and A. Rachmad, “PEMANFAATAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROMOSI JABATAN PADA PT,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Energi dan Miner. 2021, vol. 1, no. November, pp. 1187–1197, 2021.

P. Metode, S. Additive, and W. Saw, “DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROMOSI,” no. 1, pp. 37–45, 2016.

L. N. Sukaryati et al., “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH,” vol. 24, no. 3, pp. 260–267, 2022.

E. Ridhawati, G. K. Siregar, and D. Iriawan, “METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAI KINERJA GURU ( PKG ) ( STUDI KASUS SMP 17 1 PAGELARAN ),” no. 2, pp. 38–49, 2018.

Anaswati, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN PANGKAT KARYAWAN PERSEROAN TERBATAS PELAYARAN KUMAFA LAGUN MARINA BENGKULUA,” J. Media Infotama, vol. 8, no. 1, 2012.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i02.11043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats