Kolaborasi guru bimbingan dan konseling dengan guru tahfidz dalam mengembangkan karakter siswa

Yosi Fatma Neti, Budi Santosa

Abstract


tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru bimbingan dan konseling dengan guru tahfidz dalam mengembangkan karakter yang seharusnya dimiliki oleh siswa MTs selayaknya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan apa yang terjadi dilapangan. Adapun informan kunci dari penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling, satu orang guru tahfidz, dan dua orang siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik snowball sampling data. Hasil dari penelitian yang didapatkan oleh penulis adalah di MTs Negeri 3 Agam kurangnya waktu bagi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan materi kepada siswa karena bimbingan dan konseling tidak ada jadwal untuk masuk kelas. Cara guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan yaitu dengan cara mencari waktu untuk memberikan layanan kepada siswanya.

Keywords


kolaborasi; karakter

Full Text:

PDF

References


Abdullah Munir, 2010, Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak, (Yogyakarta: Pedagogia)

Abdul Majid, dkk, 2012, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.)

Abdulsyani, 1994, Sosiologi skematika, teori, dan terapan. (Jakarta: Bumi Aksara.)

Abidin Ibnu Rusn, 2009, Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,)

Agus Salim, 2006, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial, ( Yogyakarta: Tiara Wacana,)

Arifah Fahrunnisa, 2020, : jurnal kolaborasi guru bimbingan konseling dengan guru tahfids. Januari

Amirulloh. 2015, Teori pendidikan karakter remaja. Bandung : Alfabeta.

Alvin Suwarsono, Y.S.O, 2005, bimbingan konseling dalam memmbentuk kepribadian siswa. (Jakarta: LP3ES.)

Fadhilla yusri, 2005, instrumentasi Non-tes dalam Konseling, (Bukittinggi,)

Hikmawati Fenti, 2012, Bimbingan Konseling, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Jurnal, 2014, edukasi model kolaborasi guru bimbingan koonseling dengan guru mata pelajaran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa cerdas istimewa. Vol. 1. No 1, juni.

Jurnal, 2017, kerja sama antara konselor dengan guru bidang studi. Volume 04. Nomor 02, Oktober.

Jurnal, Rosniati Hakim, pembentrukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis Al-Quran.

John W Best, 1987, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional,),

Lexi J Meleong, 1995, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya,).

Muchlas Samani dkk, 2011, Pendidikan Karakter, (Bndung: PT.Remaja Rosdakarya,),

Mujtahid, 2011, Pengembangan Profesi Guru, (Malang: UIN Maliki Press,

Mulyadi, Agus, 2003 Dasar-dasar bimbingan konseling. Jakarta. Department pendidikan nasional

Muhammad Muntahibun Nafis, 2011, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras,)

Naturalistic: 2017, Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2 (April)

Nana Syaodih Sukmadinata, 2009, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya,)

Rosniati Hakim, jurnal, 2004, Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis al quran. Tahun IV. No 2. Juni

Soetjipto dan Drs, Raflis Kosasi, 1999, Ptofesi Keguruan, Jakarta PT RINEKA CIPTA.

Sri Minarti, 2013, Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif, (Jakarta: Amzah,),

Supardi, 2014, Kinerja Guru, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,)

Skripsi kolaborasi guru bimbingan konseling dengan guru tahfidz dalam meningkatkan konsep diri siswa penghafal Al Qur’an di SMP Muhammadyiah boarding school Yogyakarta.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, dan R&d). (Bandung:Alfabeta,)

Tidjan, dkk, 1993, bimbingan dan konseling seolah menengah, (Yogyakarta: UPP-UNY,)

Walgito Bimo, Bimbingan Konseling (Studi & Karir), ( Yogyakarta, C.V ANDI OFFSET).




DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i3.6293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa

Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia

e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:

            

            

      

 

View Orien Stats