Pengembangan Alat Peraga Papan Pecahan Dasar untuk Pembelajaran Matematika Kelas IV Di MI Raudhatul Athfal

Hanny Ayunda Gesty, Fita Fedina, Annisa Hermawati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk memecahkan rumusan masalah apakah alat peraga PACAR “Papan Pecahan Dasar” memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi pecahan. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif yang menggunakan Subjek sebanyak 28 orang siswa kelas IV MI Raudhatul Athfal yang berlokasi di Jl. H. Ahyar, Rw. Panjang, Kec. Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat. Penelitian jenis research and development ini menggunakan model ADDIE melalui tahapan: Analysys, Design, Development, Implementation, Evulation. Untuk mengetahui seberapa pengaruh keefektifan alat peraga membantu siswa dalam pembelajaran pecahan, bisa dengan cara melihat hasil belajar sebelum menggunakan alat peraga sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga. Hasil penelitian ini dapat dikatakan berpengaruh jika sesudah menggunakan alat peraga siswa dapat memiliki nilai lebih tinggi dari sebelumnya serta dikatakan penggunaan Alat peraga memiliki kemampuan dan keefektifan pada hasil belajar siswa. Alat peraga memberikan pengaruh sekitar 23% untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pecahan.

Keywords


Pengembangan Alat Peraga; Alat Peraga Papan Pecahan Dasar; Pembelajaran Pecahan Matematika Kelas IV Di SD/MI.

Full Text:

PDF

References


Aminah, & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(2), 118-122. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/713/622

Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2): 307-318.http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938

Hakim, A. R. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari sikap dan komitmen diri peserta didik pada pelajaran matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1892/1473

Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin,. & Mulyana., (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757

Handayani, S.L.W,. & Sugiman. (2019). Media gambar untuk meningkatkan daya tarik siswa kelas 1c slbn salatiga dalam belajar matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 349-354. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28951

Harahap, D. H., & Syarifah, R. (2015). Studi kasus kesulitan belajar matematika pada remaja. Jurnal Psikologi, 11(1), 20–30. http://jurnal.psikologiup45.com/wp-content/uploads/2007/10/Jurnal-Psikologi-vol-11-2015c-.pdf

Juandi., Firdaus., & Oktaviana, D.(2020). Pengembangan alat peraga papan perkalian berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. EMTEKA:Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 95-104. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/580/309

Khotimah, S. H., & Risan. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/viewFile/17108/10259

Malasari, N. dan Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196

Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis miskonsepsi siswa kelas V-B MIN Buduran Sidoarjo pada materi pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75-81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329

Mariyah., Aprinastuti, C., & Anggadewi, B.E.T. (2017). Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 240-250. http://jurnal.unissula.ac.id

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515

Nomleni, F. T., & Manu, T.S.N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1408/964

Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 melalui penerapan model problem based learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 212-219. . http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17-26. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v3i2.3005

Primasari, I. F. N. D., Zulela., & Fahrurrozi. (2021). Model mathematics realistic education (rme) pada materi pecahan sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888-1899. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1115/620

Proiyanti S. B. A,. Supriyono, S., & Khaq, M. (2021). Peningkatan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model realistic mathematics education di SDN Binangun. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 93–109. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.58

Rusmawati. (2017). Penggunaan alat peraga langsung pada pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humonaria, 3(2), 307-314. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3607/2128

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga BACALA (bangun datar, pecahan, labirin) untuk pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). 35-43. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Suciati, I. (2020). Penggunaan metode “perang mental matematika” dengan menggunakan media kartu pecahan pada materi penjumlahan bilangan pecahan. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.44

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Pengawu. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2),

-144.https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i2.3033

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran delf-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di MTS N 2 Ciamis. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39-44. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi. (2021). Analisis hambatan belajar pada materi pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226-236. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509

Zuya, H. E. (2017). Prospective teachers’ conceptual and procedural knowledge in mathematics: the case of algebra. American Journal of Educational Research, 5(3), 310-315.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hanny Ayunda Gesty, Fita Fedina, Annisa Hermawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.