Analisis Semiotika Komunikasi Visual pada Poster Iklan “Teh Pucuk Harum”

Nuren Febimaesuri, Demo Reksa Pratama

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada iklan poster Teh Pucuk Harum, Teh Pucuk Harum merupakan minuman produksi dari perusahaan PT Mayora Indah Tbk. Dalam sebuah poster sendiri terdapat bahasa visual yang mengandung makna di setiap unsur-unsur grafisnya, inilah yang nantinya akan dianalisis. Komunikasi visual mempunyai signifikansi dalam menyampaikan sebuah konsep, isi atau makna Komunikasi visual terutama iklan harus dibuat secara multi aspek dan multidimensi untuk mendapatkan perhatian dan respons positif dari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis prinsip dasar, unsur visual, serta makna yang terkandung dalam iklan Teh Pucuk Harum. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotik. Penelitian menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan hasil penelitian dan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data. Kemudian peneliti menggunakan teori semiotika milik Charles Sanders Peirce untuk menganalisis satu per satu unsur grafis yang ada pada iklan poster Teh Pucuk Harum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna iklan sesungguhnya dalam iklan Teh Pucuk Harum ini yaitu menumbuhkan rasa alami dan mengembalikan kesegaran diri setelah mengkonsumsi Teh Pucuk Harum.


Keywords


Semiotik; Pierce; Iklan Poster Teh Pucuk Harum

References


Basuki, S. (2006). Metode penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Budiman, K. (2004). Semiotika visual. Yogyakarta: Buku Baik.

Danesi, M. (2010). Pesan, tanda, dan makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Dillistone, F. (2002). The power of symbols. Yogyakarta: Kanisius.

Prent, K. J. A. (1969). Kamus Latin - Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Kriyantono, R. (2006). Riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. Yogyakarta: Badan penerbit ISI.

Sudiana, D. (2001). Tipografi: Sebuah pengantar Dendi Sudiana. Mediator: Jurnal Komunikasi, 2(2), 325-335.

Tinarbuko, S. (2009). Semiotika komunikasi visual. Yogyakarta: Jalasutra.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i2.987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nuren Febhimaesuri, Demo Reksa Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.