Analisis Visual dalam Iklan Sprite “Nyatanya Pas” pada Media Televisi

Agung Riyadi, Elverda Gelasia

Abstract


Iklan merupakan bentuk informasi yang penting dalam mempromosikan sebuah produk kepada khalayak sasaran. Karena itu setiap perusahaan dituntut untuk dapat membuat iklan yang menarik dan diaplikasikan ke dalam media yang relevan saat ini. Sprite merupakan sebuah produk minuman soda yang berasal dari PT. Coca Cola Company yang menggunakan media televisi untuk mempromosikan produknya. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui pesan yang disampaikan dalam iklan sprite versi “Nyatanya Pas”. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan desain komunikasi visual. Adapun data bersumber pada buku maupun jurnal yang berkaitan dengan iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan sprite memiliki faktor brand identitas yang cukup kuat dan tampilan visual yang sangat menarik perhatian.

Keywords


Advertisement, Sprite, Promotion

References


Alfiyani, W. (2019). Penggunaan gaya bahasa iklan produk di facebook. Jurnal Bahasa dan sastra, 4(4).

Azizurahman, M. A. M., & Purnama, H. (2017). Representasi narsisme dalam iklan sprite (Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada iklan Youtube sprite versi Kenyataan Gak Seindah Sosmed Selebriti-# ootd). eProceedings of Management, 4(3).

Ishak, A. (2008). Pengaruh penggunaan selebriti dalam iklan terhadap minat beli konsumen. Jurnal Siasat Bisnis, 12(2).

Kriyantono, R. (2012). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Fajar Interpratama.

Oktavianti, M. (2019). Ambiguitas pada slogan iklan keluarga berencana, good day, tea jus, sariwangi, floridina, tolak angin, bukalapak, dan one push vape.

Rachim, M. M. I., Yenny, Y., & Susilo, D. (2019). Mendefinisikan ulang visualisasi kesegaran dalam iklan minuman ringan: semiotika sprite “kenyataan yang menyegarkan”. Jurnal komunikasi universitas garut: hasil pemikiran dan penelitian, 4(2), 23-32

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Tingkir, C. F. (2014). Pengaruh identitas merek terhadap loyalitas merek melalui citra merek dan kepercayaan merek Toyota. Jurnal manajemen pemasaran, 8(2), 62-69.

www.indovoiceover.com (2019, 27 Agustus). Apa yang dimaksud dengan voice over. Diakses dari http://indovoiceover.com/apa-yang-dimaksud-dengan-voice-over/




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i2.969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agung Riyadi, Elverda Gelasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.