Analisis Interpretatif Poster Fanmade Film "Parasite" (2019)

Fahdel Muhammad, Bayu Paksi Radithya Alfadjari

Abstract


Industri perfilman saat ini cukup kompetitif, banyak rumah produksi berlomba-lomba membuat film yang dapat menarik perhatian banyak orang. Film "PARASITE" (2019) adalah film bergenre komedi tragis yang berkisahkan kesenjangan sosial dari sebuah keluarga miskin yang berusaha masuk ke dalam kehidupan keluarga yang kaya raya. Film ini menarik perhatian banyak orang karena dianggap memiliki makna-makna tersembunyi yang ada di dalamnya. Bentuk apresiasi yang dibuat karya oleh penggemar atas kekaguman dari sebuah film biasanya dalam bentuk gambar, poster, video dan musik, salah satunya poster fanmade film "PARASITE" (2019) karya Andrew Bannister. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui makna-makna pada elemen poster fanmade film "PARASITE" (2019). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Pengumumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah visual interpretatif. Dari hasil analisis mengenai makna tiap elemen poster fanmade film "PARASITE" (2019) terdapat semiotika pada tiap elemen yang ada di poster tersebut sesuai dengan apa yang ada di filmnya yang sarat akan makna.


Keywords


Parasite; Interpretatif; Poster Film; Fanmade

References


Adisendjaja, Y. H. (2003). Warna dan maknanya dalam kehidupan. Makalah disajikan pada Seminar Sehari Bersama Alam II oleh BEM FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung (Vol. 24).

Anitah, S. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Basuki, A. (2013). Makna warna dalam desain. Surabaya: Politeknik.

Effendy, O. U. (1989). Kamus komunikasi. Bandung: Bandar Maju.

Karnita, R., & Meiralarasari, D. (2010). Metode visual interpretatif terhadap tampilan visual iklan media cetak sebagai alternatif analisis dari metode eye tracking. J@TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 5(1), 33-40.

Kuswanto, H. (2017). Analisis prinsip layout and composition pada web design perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan buku “The Principle of Beautifull Website Design by Jason Beaird”. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 1-7.

Lebond, B. (2017). Arti dan pengaruh warna bagi psikologi manusia. Warna dapat mempengaruhi mood. Retrieved from psyline. id: https://psyline. id/arti-dan-pengaruh-warna-bagipsikologi-manusia.

Maharsi, I. (2013). Tipografi – Tiap font memiliki nyawa dan arti. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI.

Martono, N. (2016). Metode penelitian kuantitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder. Edisi Revisi 2. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096.

Rustan, S. (2008). Layout dasar & penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2013). Font and tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i2.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fahdel Muhammad, Bayu Paksi Radithya Alfadjari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.