Gaya Visual Animasi Pada Iklan Pocari Sweat "Bintang SMA"

Adrean Dewayanto, Andrian Maidani Said

Abstract


Pocari Sweat sebagai produk asal Jepang sangat konsisten menjaga branding-nya. Melihat pop culture Jepang yang cukup konsisten beberapa tahun terakhir, dengan membawa animasi sebagai media populer dikalangan komunitas jejepangan yang diisi oleh kebanyakan anak muda, iklan Pocari Sweat – Bintang SMA ini menarik perhatian dengan gaya visual yang ikonik, namun dengan unsur lokal. Dari analisa yang peneliti lakukan, banyak tanda-tanda Budaya Visual yang terdapat pada iklan Pocari Sweat ini. Penggunaan gaya animasi dan karakter dari anime, serta latar belakang perusahaan yang bertempatan di Jepang menjadikan iklan tersebut memiliki perbedaan pada nilai budaya dan pemaknaannya dibanding iklan animasi dari daerah lain. Iklan dirancang dengan tujuan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam ajang pencarian bakat untuk menjadi bintang iklan Pocari Sweat selanjutnya.

Keywords


Gaya Visual; Iklan; Pocari Sweat; Bintang SMA

References


Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization.

Budianto, F. (2015). Anime, cool Japan, dan globalisasi budaya populer Jepang. Jurnal Kajian Wilayah, 6(2), 179–185.

Fatmawati, E. (2020). Mediatisasi perpustakaan dalam konteks perubahan layanan bercerita melalui budaya visual. Media Pustakawan, 23(1), 47–53.

Kaparang, O. M. (2013). Analisa gaya hidup remaja dalam mengimitasi budaya pop Korea melalui televisi. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2).

Kristanto, J. (2011). TA: Pembuatan film dengan penggabungan unsur live shoot dan 3d Animasi dalam aspek produksi berjudul “Dark Daylight.” STIKOM Surabaya.

Piliang, Y. A. (2003). Hantu-hantu politik dan matinya sosial. Tiga Serangkai.

Sachari, A. (2007). Budaya visual Indonesia: Membaca makna perkembangan gaya visual karya desain di Indonesia abad ke-20. Erlangga.

Somantri, G. R. (2010). Memahami metode kualitatif. Hubs-Asia, 10(1).

Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).

Winarni, R. W. (2015). Representasi kecantikan perempuan dalam iklan. Deiksis, 2(02), 134–152.

Zaini, A. (2015). Dakwah melalui televisi. At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(1), 1-20.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i2.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adrean Dewayanto, Andrian Maidani Said

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.