Retorika Dan Elemen Desain Dalam Buku Pengenalan Emosi Anak "The Color Monster"
Abstract
Emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, baik dewasa maupun anak – anak pasti memiliki emosi. Namun biasanya anak kesulitan dalam mengekspresikan emosinya dikarenakan tidak mengenal emosinya. Pengenalan emosi pada naak usia prasekolah menjadi penting sebab pada usia ini anak mulai mengembangkan pemahaman terhadap diri mereka sendiri, dan menyadari bahwa mereka merupakan sosok yang terpisah dari orang lain. Picture book dapat menjadi salah satu media untuk memperkenalkan jenis – jenis emosi pada anak. Salah satu picture book yang memuat pembelajaran tentang emosi adalah The Color Monster. Picture book ini telah diterjemahkan dalam tiga puluh bahasa dan terjual sekitar 1.500.000 eksemplar. Berangkat dair informasi di atas, peneliti melihat adanya peluang untuk meneliti atata cara penyampaian konsep emosi dilihat dari perspektif retorika dan elemen – elemen desainnya. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan cara observasi dan studi literatur. Luaran penelitian ini berupa rekomendasi – rekomendasi desain yang bisa diterapkan dalam mendesain picture book bertemakan pengenalan emosi untuk anak yang tentunya akan berguna bagi desainer, penulis serta illustrator buku anak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aliyasari, M., & Martadi. (2021). Perancangan Flash Card Sebagai Media Pengenalan Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Barik, 2(2), 82–95. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Alkhafaji, Z. M., Ali, A. N., & Khyoon, A. Y. (2022). The Role of Picture Books in Raising Children’s Understanding of English Literature and Life Science Concepts: Selected Stories by Eric Carle. Journal of Education College Wasit University, 1(46), 621–648. https://doi.org/10.31185/eduj.vol1.iss46.2792
Aswan, R. (2019). Tinjauan Elemen Visual Pada Buku Ilustrasi #88 Love Live. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 6(1), 187. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.010
Hajeriati. (2014). Hubungan antara Kemampuan Mengenali Emosi Diri dan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 02(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3023
Hanisha, F., Djalari, Y. A., & Hutama, K. (2018). BAHASA VISUAL, GAMBAR ANAK, DAN ILUSTRASI PADA BUKU CERGAM ANAK. Jurnal Seni & Reka Rancang, 1(1), 63–82. https://trijurnal.trisakti.ac.id/index.php/jsrr/article/download/3878/3139/9860
Salisbury, M., & Styles, M. (2012). Children’s Picturebooks: The Art of Visual Storytelling.
Saputra, G. B. (2019). Membedah Konsep Teks Sebagai Retorika Visual Pada Platform Media Sosial (Studi Retorika Visual Pada Stiker Line Dan Whatsapp). https://www.academia.edu/40495014/MEMBEDAH_KONSEP_TEKS_SEBAGAI_RETORIKA_VISUAL_PADA_PLATFORM_MEDIA_SOSIAL_STUDI_RETORIKA_VISUAL_PADA_STIKER_LINE_DAN_WHATSAPP
Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto. Jurnal DKV Adiwarna UK Petra, 01. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12244/10734
Wirawan, I. G. N., & Nuriarta, I. W. (2018). Elemen Desain Komunikasi Visual Dalam Merchandise Iklan Politik Pasangan Dharmanegara Pada Pilkada Kota Denpasar 2014. Segara Widya, 6(1), 16–27. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/356/200
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i2.9040
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 RR Annisa Rarasati, Inne Chaysalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.