Analisis Iklan Televisi Rokok A mild "Bukan Main" Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes

Muhammad Cholis Ardiansyah, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Kesalahpahaman tentang iklan video disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat tentang cara membaca dan memperhatikan rambu-rambu dalam iklan video. Penelitian ini bertempat di Digital Library Universitas Negeri Medan, jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate. Waktu penelitian selama 3 bulan dengan 6 agenda kegiatan yakni: pengumpulan data, verifikasi data, analisis dan pengujian data, pengkajian hasil dan pembahasan, penarikan kesimpulan dan penulisan laporan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi yang ditemukan sebanyak 14 scane dari video iklan rokok A Mild “Bukan Main” sedangkan sampel yang diambil adalah sebanyak 11 scane. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi catatan report dan tabel cropping. Sementara teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, dokumentasi dan wawancara. Pengolahan data melalui proses pengamatan, cropping, analisis tanda, penemuan konotasi dan penggabungan konotasi. Teknik analisis data melalui 3 tahapan yakni denotasi, konotasi dan ideologi. Hasil Penelitian iklan rokok A Mild “Bukan Main” berhasil menciptakan stigma atau citra positif dari penayangannya. Hanya dengan menggunkan simbol-simbol tertentu masyarakat sadar bahwa itu adalah iklan rokok tanpa harus memunculkan secara gamblang kegiatan merokok sesuai peraturan yang berlaku. Pesan moral yang disampaikan dapat dengan mudah di terima karena adegannya banyak menyentuh ranah fenomena-fenomena yang terjadi dalam interaksi masyarakat sehari-hari.

 


Keywords


Semiotika; Roland Barthes; Iklan Rokok

References


Anam, Haris Malikul. 2015. Pesan Hidup Sehat Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Aqua Versi Selfie Bareng Sandhy Sandoro dan Narji). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Anggriani, Venty. 2016. Prinsip-Prinsip Komposisi Desain Komunikasi Visual Pada Poster Iklan Rokok Galan. Universitas Negeri Medan.

Budiman, Kris. (2011). Semiotika Visual. Yogyakarta: Jalasutrra.

Haryadi, Toto. Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Hijau” Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Mitak, Clara Natalia Christina. Wacana Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Versi “Pengin Eksis”: Analisis Tanda Menurut Roland Barthes. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, Volume 11, No. 2, Oktober 2017: 95-107. Universitas Sanata Dharma.

Purnengsih, Iis (2017). makna dan Pesan Dalam Baliho Pemilu Legislatif 2014. Jurnal Desain Vol 4 No. 3, Mei 2017 231-242. Universitas Indraprasta PGRI

Rahmadoni, Gema (2018). Inteerpretasi Denotasi dan Makna Konotasi Dalam Iklan Worls Wide Fund For Nature (WWF). Universitas Negeri Medan.

Sobur, Alex. (2015). Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analsis Semiotik, dan Analisis “Framing”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suhandang, Kustadi. (2018). Periklanan Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa.

Tamara, Junisty.2021. Kajian Semiotika Roland Barthes Pada Poster UNICEF. Universitas Negeri Medan.

Tinarbuko, Sumbo. Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Nirmana Vol. 5, No. 1, Januari 2003: 31-47. ISI Yogyakarta.

Valentina, Agnes (2016). Analisis Foto Pada Iklan Rokok Sampoerna A Mild dari Bulan Juli 2014-juli 2015 Dilihat Dari Teknik dan Tema. Universitas negeri Medan.

Yusuf, A,Muri. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zulkifli, Commodification of Ulos in the Perception and Respond of Batak Society (Structuralism Approach). Vol. 6, No. 20, 2016: 49. International Institude for Sciense.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i2.8920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Cholis Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.