Rumusan Penyusunan Mata Kuliah S1-DKV Yang relevan Terhadap Kebutuhan Dunia Kerja Dan Industri

Aran Handoko, Zulfi Hendri, Rony Siswo Setiaji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rumusan penyusunan mata kuliah S1-Desain Komunikasi Visual yang relevan terhadap kebutuhan dunia kerja dan industri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah FGD (Focus Group Disucusion) bersama para ahli dari tiga universitas penyelenggara program studi S1-Desain komunikasi visual dan praktisi dunia usaha dan dunia industri. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa rumusan penyusunan mata kuliah yaitu 1) Rumusan mata kuliah S1-Desain Komunikasi Visual mengutamakan penguatan terhadap konsep atau ide dalam menyelesaikan suatu permasalahan desain di masyarakat secara kreatif dan inovatif. 2) Rumusan mata kuliah S1-Desain Komunikasi Visual menanamkan atau mengimplementasikan pendekatan design thinking. Dengan menananamkan atau mengiplementasikan design thinking membuat mahasiswa melihat sebuah proses desain sebagai suatu tujuan. 3) Rumusan mata kuliah S1-Desain Komunikasi Visual melibatkan atau berkolaborasi dengan praktisi dari dunia usaha dan dunia industri agar dapat sharing knowledge dan sharing project sehingga mahasiswa memperoleh wawasan, hard skill dan soft skill yang lengkap dan relevan dengan dunia usaha dan dunia industri.


Keywords


dkv; design thinking; praktisi; industri

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Anantan, L. (2008). Kolaborasi Universitas-Industri: Tinjauan Konseptual Mekanisme Transfer Pengetahuan dari Universitas ke Industri. Jurnal Manajemen, 8(1), 26–37.

Anggraini, L., & Nathalia, K. (2018). Desain Komunikasi Visual: Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Penerbit Nuansa.

Aprilia, A., & Subiyantoro. (2022). Peluang dan Tantangan: (Bisnis di Era Disrupsi Industri). Jurnal Eduscience (, 9(2), 377–387. https://doi.org/doi.org/10.36987/jes.v9i2.2820

Ashadi. (2019). Konsep Desain Arsitektur. UMJ Press.

Christian, J. E., & Natadjaja2, L. (2022). Analisis Proses Desain di Tempat Magang dan di Kuliah dengan Menggunakan Teori Design Thinking. Jurnal DKV Adiwarna, 1(19).

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Handayani, T. (2015). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Era Global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53–64.

Harsanto, P. W. (2019). Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam Era Revolusi Industri 4.0. Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain, 10–15.

Haryanto, J. O. (2019). Peran Praktisi Dalam Pengembangan Teori dan Proses Pembelajaran Untuk Sekolah Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 16–25.

Islamoğlu, Ö. (2017). Interaction of Concept and Design. International Journal of Architectural Engineering Technology, 4, 66–71.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Panduan Pelaksanaan Program Praktisi Mengajar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion Dalam Penelitian Kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117–127.

Pratama, D. Y., Bendy, R. K. J., & Mustika, S. W. A. (2018). Analisis Profil Lulusan Program Studi Teknik Industri Berdasarkan Kebutuhan Pasar Kerja. Dkk. Saintek, 2(2), 80–88. https://doi.org/10.32524/saintek.v2i2.137

Prihanisetyo, A., Pebrianto, D., & Fitriasari, P. (2018). Era Disruption Sebuah Tantangan atau Bencana Sebuah Telaah Literatur. Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 3(1). https://doi.org/10.33005/mebis.v3i1.19

Razzouk, R., & Shute, V. (2012). What Is Design Thinking and Why Is It Important? Review of Educational Research, 82(3), 330–348. https://doi.org/10.3102/0034654312457429

Saraswati, R. A. D., & Setiadi, G. D. (2020). Analisis Kesesuaian Lulusan DKV Strata Satu Dengan Bidang Pekerjaan. Serat Rupa Journal of Design, 4(2), 67–90. https://doi.org/10.28932/srjd.v4i2.2470

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Penerbit Andi.

Suwankarjank, V., & Wiwitkunkasem, K. (2018). The Importance of Conceptual Design for Undergraduate Students in Product Deesign. International Journal of Advances in Mechanical and Civil Engineering, 5, 2394–2827.

Tamba, R. S. (2017). Integrasi Peran Pendidikan Tinggi Dalam Penguatan Sektor UMKM. BIJAK Majalah Ilmiah Institut STIAMI, 14(1), 101–107. https://doi.org/10.31334/bijak.v14i1.63

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Utomo, T. N. P. (2015). Konsep Pembelajaran Design Thinking dan Business Model Canvas Pada Perancangan Produk Furnitur. Dimensi Interior, 13(1), 55–62. https://doi.org/10.9744/interior.13.1.55-62

Wibowo, H. B. (2011). Relasi Antara Perguruan Tinggi Desain Komunikasi Visual (DKV) di Indonesia Dengan Industri DKV. Humaniora, 2(1), 662–674. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.3081

www.cnnindonesia.com. (2021, September 14). Kemendikbud: Lulusan Kampus Tertinggal 5 Tahun dari Industri. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210914193855-20-694311/kemendikbud-lulusan-kampus-tertinggal-5-tahun-dari-industri




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i1.8853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rony siswo setiaji, Aran Handoko, Zulfi Hendri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.