Kajian Semiotika Roland Barthes Penciptaan Kaligrafi Kontemporer Tutur Achmad Syidik Sebagai Roe Model Kaligrafer Dolok Masihul

Hadi Alhail

Abstract


Kaligrafer kontemporer Kec. Dolok Masihul hingga tahun 2023 belum pernah mencetak prestasi di ajang MTQ Provinsi bahkan Nasional. Keluhan yang ditemukan adalah kurangnya kemampuan dalam menciptakan imajinasi berkarya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ideologi penciptaan kaligrafi kontemporer Tutur Achmad Syidik dan untuk meningkatkan kualitas karya kaligrafer kontemporer Dolok Masihul melalui pengetahuan tentang kajian semiotika Roland Barthes pada kaligrafi kontemporer Tutur Achmad Syidik. Penelitian ini dilakukan di Jl. Bersama, Gg. Keluarga, No. 2C, Kec. Medan Tembung, Sumatera Utara. Waktu penelitian berlangsung sejak 09 Mei-20 Juni 2023. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dengan menafsirkan makna denotasi, konotasi serta ideologi dari kaligrafi kontemporer Tutur. Populasi sebanyak 29 karya selama 5 tahun, sejak 2018-2023 dan sample yang dipilih sebanyak 5 karya dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini mencakup penjelasan ideologi setiap karya yakni: 1) Karya 1 memiliki ideologi peringatan hari akhir kepada manusia yang hidup di zaman modern. 2) Karya 2 memiliki ideologi hidup rukun seperti etnis Melayu dan taat kepada Allah. 3) Karya 3 memiliki ideologi ayat-ayat Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk. 4) Karya 4 memiliki ideologi petunjuk yang datang dari langit dan 5) Karya 5 memiliki ideologi kehadiran agama Islam dan Al-Qur’an sebagai penyempurnaan kehidupan yang lebih terang.


Keywords


Kaligrafi Kontemporer; Roland Barthes; Semiotika

References


Alhail, Hadi. (2022). Analisis Kaligrafi Kontemporer dari Aspek Warna dan Kekayaan Imajinasi di Sanggar Al-Baghdadi Medan. Medan: Skripsi.

Barthes, Roland. (1994). Elemen-elemen Semiologi. Yogyakarta: Jalasutra.

Budiman, Kris. (2011). Semiotika Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Fiyanto, A. (2018). Pemanfaatan Seni Kolase Seagai Produk Kreatif Untuk Pengembangan Karya Proyek Studi Mahasiswa Jurusan Sen Rupa FBS UNNES. Brikolase. 10 (2): 158-172.

Kartono, Gamal. Semiotik dalam DKV dan Logo. Vol. 10, No. 02, Juni 2014: 88-96. Universitas Negeri Medan.

Kristeva, Julia. (1980). Desire in Language: A Semiotic Approach to Literature and Art. New York: Columbia University Press.

Priyatno, Agus. (2017). Amir Merintis Seni Kaligrafi di Medan. h.14. Analisa Daily, https://analisadaily.com/berita/arsip/2017/8/6/391947/amri-merintis-seni-kaligrafi-di-medan/

Saragih, Amrin. (2011). Semiotik Bahasa. Medan: Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Sobur, Alex. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Tamara, Junisti. (2020). Kajian Semiotika Roland Barthes Pada Poster UNICEF. Medan: Skripsi.

Tinarbuko, Sumbo, Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Nirmana Vol. 5, No. 1, Januari 2003: 31-47. ISI Yogyakarta.

Zulkifli. Commodification of Ulos in the Perception and Respond of Batak Society (Structuralism Approach). Vol. 6, No. 20, 2016: 49. Research on Humanities and Social Sciences.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i2.8559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hadi Alhail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.