Analisis Penggunaan Elemen Visual Sebagai Representasi Budaya Jawa Di Film "Lara Ati"
Abstract
Film adalah salah satu bentuk media komunikasi massal yang memiliki audio dan visual untuk penyampaian pesan yang berisi gambar-gambar bergerak. Diantara banyaknya film yang telah beredar, terdapat beberapa film yang menghadirkan budaya Indonesia pada audio, visual, hingga narasinya. Salah satu dari film-film tersebut adalah film “Lara Ati” yang menyajikan representasi budaya Indonesia pada seluruh aspek audio, visual, dan narasinya. Karena menariknya film tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dengan elemen visual saja sebuah film dapat merepresentasikan budaya Indonesia dan bagaimana budaya tersebut tersampaikan secara modern. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif eksplanatif untuk beberapa set dan sekuens pada film dengan teori-teori pendukungnya, yaitu teori representasi dari Stuart Hall, teori sinematografi, dan teori difusi invasi dari E.M. Rogers. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa elemen visual yang terdapat pada film “Lara Ati” dihasilkan dari proses sinematografi yang mempengaruhinya secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
AAFT. (2023, February 20). What Are The Three Basic Elements Of Cinematography? Retrieved from AAFT: https://aaft.com/blog/cinema/what-are-the-three-basic-elements-of-cinematography/
Brazilai, G. (2003). Communities and Law: Politics and Cultures of Legal Identities. University of Michigan Press.
Burhan, A. S., & Anggapuspa, M. (2022). Analisis Makna Visual Pada Poster Film Bumi Manusia. BARIK, Vol. 3 No. 1, 235-47.
Depew, A. (2022, June 8). Types of Lighting in Film: Basic Techniques to Know. Retrieved from Adorama: https://www.adorama.com/alc/basic-cinematography-lighting-techniques/
Indonesia.go.id. (2019, March 19). Tren Positif Film Indonesia. Retrieved from indonesia.go.id: https://indonesia.go.id/ragam/seni/sosial/tren-positif-film-indonesia
Lannom, S. (2020, May 24). Camera Framing Techniques: Frame Shots Like a Master Filmmaker. Retrieved from Studiobinder: https://www.studiobinder.com/blog/types-of-camera-shot-frames-in-film/
Leve, A. M. (2012). The Circuit Of Culture As A Generative Tool OF Contemporary Analysis: Examining The Construction Of An Education Commodity. The Learning and Technology Library.
Mora, E., & Turrini, V. (2019). Practice Theories and the “Circuit of Culture”: Integrating Approaches for Studying Material Culture. Sociologica, Vol. 3 No. 3.
Oktaviani, M. I. (2010). Nilai-Nilai Budaya Jawa Dalam Ungkapan-Ungkapan Jawa Yang Berlatar Perkawinan. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Prabowo, R. A. (2021). Motif Tradisi Gaya Surakarta Eksistensi Dan Pengembangannya Pada Ukir Kayu. Jurnal Budaya Nusantara, Vol. 4 No. 2, 276-286.
Ridhayanti. (2022, September 6). Untuk Film Lara Ati, Bayu Skak Tetap Konsisten Bawa Unsur Daerah. Retrieved from Gatra: https://www.gatra.com/news-551768-hiburan-untuk-film-lara-ati-bayu-skak-tetap-konsisten-bawa-unsur-daerah.html
Sahin, I. (2006). Detailed Review of Rogers' Diffusion of Innovations Theory and Educational Technology-Related Studies Based on Rogers' Theory. Turkish Online Journal of Educational Technology.
Septiningsih, W. (2017). Perancangan Desain Komunikasi Visual Filosofi Surjan Jogja Menggunakan Metode Design Thinking. Invensi, Vol. 2 No. 1, 51-76.
Tedjorahardjo, C. (2017). Picturing the Boundary Between Good and Bad: The Lighting, Framing, and Camera Movement of “Kidnap”. K@ta Kita, Vol. 5 No. 2, 9-17.
Tim WowKeren. (2022, September 14). Angkat Unsur Budaya, Lawakan Cak Kartolo Dan Cak Sapari Beri Warna Baru Di Film 'Lara Ati'. Retrieved from wowkeren: https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00450183.html
Trisna, N. M., & Rahma, H. N. (2021). Analisa Unsur Visual Khas Indonesia Dalam Animasi Atlas Boy Adventures Serial Hantu Abu-Abu. Nawala Visual, Vol. 3 No 1 53-59.
Van Doeselaar, L., Becht, A. I., Klimstra, T., & Meeus, W. (2018). A review and integration of three key components of identity development. European Psychologist.
Widiyana, E. (2022, September 9). Merasakan Surabaya Vibes di Film Lara Ati. Retrieved from detikJatim: https://www.detik.com/jatim/berita/d-6283207/merasakan-surabaya-vibes-di-film-lara-ati
Zarate, G., Levy, D., & Kramsch, C. (2011). Handbook of Multilingualism and Multiculturalism. Paris: Editions des Archives Contemporaries.
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i1.8525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hafizha Layyina Zulafa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.